View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP KALIURANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (285.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (906.6Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (228.2Kb)
      ABSTRAK (244Kb)
      BAB I (514.6Kb)
      BAB II (705.4Kb)
      BAB III (110.1Kb)
      BAB IV (400.3Kb)
      BAB V (95.06Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (91.90Kb)
      LAMPIRAN (1.863Mb)
      Date
      2017-08-25
      Author
      HATI, ZAIN NANDA EGI MUTIARA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Pembiayaan Murabahah Di Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci seperti apa strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang serta apakah strategi yang digunakan sudah efektif dalam menangani pembiayaan bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan cara teknik triangulasi sumber, analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan analisis data model Miles dan Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah Branch Manager dan Branch Operation Manager yang memiliki peran dalam penanganan pembiayaan bermasalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanganan pembiayaan bermasalah di BSM KCP Kaliurang terdiri dari strategi pencegahan yaitu melakukan survei secara berjenjang dengan menggunakan analisis 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition). Untuk strategi penanganan pembiayaan bermasalah dilakukan secara berjenjang berdasarkan waktu dan jabatan yaitu meliputi pendekatan persuatif dan Islam yaitu dengan pendekatan kekeluargaan, pemberian inah atau kelonggaran waktu dengan kesepakatan yang tertuang dalam pernyataan kesanggupan bayar, kemudian dengan eksekusi jaminan dilakukan sebagai pilihan terakhir ketika nasabah memang sudah tidak kooperatif lagi, kemudian sistem Write Off yang terdiri dari hapus buku dan hapus tagih. Strategi yang diterapkan sudah cukup efektif jika dilihat dari tingkat NPF nya masih di bawah 5% dan PPAP dilihat dari kolektabilitasnya masih tergolong aman namun perlu ditingkatkan lagi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15253
      Collections
      • Department of Economics and Islamic Banking

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV