ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA ARAB KARYA SITI LAELA KHOMSATIN, S.AG UNTUK KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 3 AMBARKETAWANG GAMPING YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Adapun penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui buku
ajar itu sudah termasuk kriteria buku yang baik dari materi 2) Untuk mengetahui kesesuaian
buku ajar bahasa Arab tersebut terhadap siswa kelas enam.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi, wawancara, dan pengamatan. Karakter penulisan buku teks yang baik menurut
Mudzakir AS adalah pelajaran terstruktur dan terorganisasikan dalam bab-bab dan unit-unit,
kontenn (isi) pembelajaran (informasi, penjelasan, komentar, latihan-latihan praktik,,
rangkuman dan evaluasi) disajikan secara teratur, dan terdapat kemajuan pembelajaran yang
sistematik yang mengarah kepada pemerolehan pengatahuan yang baru.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar ini sudah sesuai dengan SK,KD, dan
indikatornya. Hanya saja dibuku ini struktur konten buku teks yang belum terstruktur, antara
penjelasan, latihan-latihan, evaluasi. Beberapa siswa merasakan kesulitan dalam memahami
materi atau belajar secara mandiri. Penulisan grafik di dalam buku ajar ini sangatlah sulit
untuk dijangkau untuk siswa sekolah dasar. Sehingga peneliti juga menemukan hasil
penelitian yang menyatakan buku ini lebih cocok untuk mahasiswa jika dilihat dari penulisan
grafik. Tetapi penelit tidak ada menemukan kesalahan dalam penulisan materi