Show simple item record

dc.contributor.authorLUKITO, JOKO
dc.date.accessioned2017-10-03T02:20:44Z
dc.date.available2017-10-03T02:20:44Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15287
dc.description.abstractLatar belakang dari skripsi ini adalah bahwasannya sebagian dari siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta masih sulit dan bingung membedakan huruf hijaiyah, masalah yang paling dasar terlebih dahulu dari kemampuan yang paling dasar yaitu kemampuan membaca, ada yang masih iqra jilid satu, masih mengeja seperti kembali ke tahap pembelajaran anak SD, yang pertama perlu ditekankan yaitu mengetahui makhraj terlebih dahulu dan mengucapkan bunyi. Adapun skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dan sampel yang diambil adalah kelas VIII D dengan jumlah 27 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti, observasi, kuesioner, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dari skripsi ini menujukkan bahwasannya terdapat sebagian siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta masih mempunyai tingkat kesulitan belajar bahasa Arab dalam maharah qira’ah yang cukup tinggi. Kesulitan belajar bahasa Arab dalam maharah qira’ah tersebut terletak pada pelafalan dan pengetahuan tentang huruf hijaiyah dan makharijul huruf yang sangat minim, kebiasaan mereka terhadap bacaan bahasa Arab yang tidak lancar kemudian tidak ada usaha untuk bisa melancarkan bacaan bahasa Arab mereka sendiri, hanya saja mengikuti rutinitas di sekolah seperti ekstrakurikuler wajib yaitu BTA (baca tulis Al-qur’an). Terdapat juga faktor yang sangat berpengaruh terhadap mereka yang masih mengalami kesulitan dalam membaca bahasa Arab salah satunya adalah latar belakang sekolah dan lingkungan serta kebiasaan dan minat yang harus dibangun. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah pembelajaran maharah qira’ah agar lancar, antara lain: (1) melakukan remedial (2) menarik siswa untuk selalu mengikuti bimbingan iqra’ karena itu merupakan ekstrakurikuler wajib yang seharusnya mereka ikuti, (2) menarik perhatian murid didalam pengarahan, (3) menceritakan sejarah bangsa Arab, (4) menggunakan pembelajaran audio dan audiovisual, (5) membuat kebiasaan membaca dan menghafal dari kosa kata yang siswa baca.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectkesulitan belajaren_US
dc.subjectbroken texten_US
dc.titleEFEKTIVITAS METODE BROKEN TEKS DALAM MENINGKATANKAN PEMAHAMAN KOSAKATA DARI TEKS BAHASA ARAB UNTUK MURID KELAS VIII D DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017en_US
dc.typeThesis SKR FPB 052en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record