View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB DI SD MUHAMMMADIYAH TAMANTIRTO SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2016/2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (261.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (868.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (348.4Kb)
      ABSTRAK (271.1Kb)
      BAB I (927.4Kb)
      BAB II (610.0Kb)
      BAB III (775.7Kb)
      BAB IV (364.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (252.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (931.8Kb)
      LAMPIRAN (1.678Mb)
      Date
      2017
      Author
      AZIZAH, HIMMATUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Urgensi suatu metode pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus memilih dan menentukan metode pengajaran bahasa Arab yang tepat dan cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang penerapan metode drill di SD Muhammadiyah Tamantirto serta kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Tamantirto. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Tamantirto melalui tahap pembukaan, inti (diulang-ulang), dan penutup. 2) metode drill dalam penelitian ini sangat efektif karena membuat siswa aktif dan kondusif dalam proses pembelajaran bahasa Arab. 3) Kelebihan dari metode drill adalah siswa cenderung lebih cepat menghafalkan dan memahamkan materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan untuk kekurangannya adalah perbedaan karakteristik siswa dan cenderung monoton.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15306
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV