View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH EDUKASI SOSIODRAMA TENTANG PHBS CUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP CUCI TANGAN SISWA SD MUHAMMADIYAH KALANGAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (30.08Kb)
      HALAMAN JUDUL (760.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (260.3Kb)
      ABSTRAK (12.97Kb)
      BAB I (134.8Kb)
      BAB II (299.2Kb)
      BAB III (353.7Kb)
      BAB IV (168.0Kb)
      BAB V (8.393Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (21.66Kb)
      LAMPIRAN (1.345Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (474.6Kb)
      Date
      2017-08-03
      Author
      DAI, NUR INTAN INDRIYATI OKTAVIANA SJ.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Mencuci tangan merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit melalui tangan dengan cara membersihkan tangan dan jemari dengan menggunakan air mengalir dan sabun hingga bersih. Mencuci tangan sangat penting karena tangan merupakan agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, namun tingkat kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan menggunakan sabun masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan data dan informasi dari Kementrian Kesehatan RI tahun 2014 yang menjelaskan bahwa sebanyak 56,6 % masyarakat Indonesia tidak memahami pentingnya cuci tangan dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 51%. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh edukasi sosiodrama tentang PHBS cuci tangan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan siswa SD Muhammadiyah Kalangan. Metodologi : Penelitian menggunakan metode penelitian Pra Eksperimental dengan rancangan One group pre-post test design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 42 orang. Data diuji menggunakan uji non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil : Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh edukasi sosiodrama tentang phbs cuci tangan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan siswa. Hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk tingkat pengetahuan cuci tangan siswa dan 0,000 untuk sikap cuci tangan siswa. Kesimpulan : Terdapat pengaruh edukasi sosiodrama tentang PHBS Cuci Tangan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap Cuci Tangan siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah Kalangan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15318
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV