View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP PEMBANGUNAN UTILITAS MALIOBORO PADA SIMPANG BERSINYAL BRIGJEN KATAMSO YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (24.83Kb)
      HALAMAN JUDUL (320.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (522.9Kb)
      INTISARI (90.05Kb)
      BAB I (20.72Kb)
      BAB II (134.6Kb)
      BAB III (876.0Kb)
      BAB IV (223.7Kb)
      BAB V (941.4Kb)
      BAB VI (123.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (13.94Kb)
      LAMPIRAN (330.2Kb)
      Date
      2017-06-08
      Author
      RIANDA, ERIK
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki aktivitas lalu lintas yang cukup kompleks. Aktivitas pada ruas jalan yang menyebabkan kemacetan antara lain aktivitas perdagangan, pedestrian, pembangunan konstruksi dan lain sebagainya. Sebagai contoh di kota Yogyakarta sendiri akan dibangun salah satu sarana yaitu Utilitas Malioboro yang akan mengakibatkan dampak terhadap kinerja simpang pada saat konstruksi berlangsung. Dampak inilah menjadi salah satu permasalahan lalu lintas yang akan terjadi, khususnya pada Simpang Bersinyal Brigjen Katamso perlu dilakukan analisis dampak dari pembangunan Utilitas Malioboro. Adapun hasil yang didapat dari analisis yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997), pada kondisi eksisting diperoleh nilai tundaan sebesar 34,90 det/smp dengan tingkat pelayanan D (buruk). Pada kondisi dampak dari penutupan Jalan Senopati yaitu didapat nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 672,92 det/smp dengan tingkat pelayanan F (sangat buruk sekali). Analisis kinerja operasi pada simpang Brigjen Katamso dilakukan dengan 2 alternatif guna meningkatkan kinerja simpang. Alternatif 1 yaitu melakukan pelebaran pada lengan Utara dan Barat dengan lebar masing-masing sebesar 1 meter dengan hasil tundaan simpang rata-rata sebesar 197,88 det/smp didapat nilai tingkat pelayanan simpang F (sangat buruk sekali). alternatif 2 yaitu melakukan pelebaran jalan dan perancangan ulang waktu siklus dan didapat nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 138,27 det/smp dengan tingkat pelayanan F (sangat buruk sekali). Berdasarkan alternatif yang telah dilakukan, maka direkomendasikan alternatif 2 dengan gabungan antara pelebaran jalan dan perubahan waktu siklus yang direkomendasikan sebagai solusi untuk menigkatkan kinerja pada simpang bersinyal Brigjen Katamso.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15376
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV