View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH EDUKASI MENYIKAT GIGI SECARA AUDIO-VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENYIKAT GIGI SISWA SD MUHAMMADIYAH KALANGAN BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (215.8Kb)
      BAB I (302.0Kb)
      BAB II (314.2Kb)
      BAB III (477.9Kb)
      BAB IV (413.3Kb)
      BAB V (152.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (281.9Kb)
      COVER (167.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (441.6Kb)
      LAMPIRAN (1.715Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (659.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (203.5Kb)
      Date
      2017
      Author
      SHARFINA, NUR AFNI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang:Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014 menyatakan bahwa di Yogyakarta permasalahan gigi dan mulut pada anak 5-9 tahun mengalami kerusakan gigi sebanyak 28.9% dan mengalami peningkatan 8,5% dari tahun 2007 hingga 2016. Data tersebut menggambarkan perlunya perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut anak. Terwujudnya kondisi gigi dan mulut yang sehat dapat terlaksana apabila pengetahuan anak tercukupi. Pengetahuan yang baik akan mendukung sikap dan perilaku untuk menjaga kesehatan. Agar informasi dari edukasi menyikat gigi dapat tersalurkan kepada anak dengan maksimal diperlukan media edukasi audio-visual. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap pengetahuan dan sikap menyikat gigi siswa SD Muhammadiyah Banguntapan Yogyakarta. Metode:Penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental dengan rancangan One group pre-post test.Penelitian ini melibatkan 122 siswa.Teknik sampling yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap mengenai menyikat gigi terdiri atas 12 soal valid dengan nilai reliabilitas kuesioner pengetahuan = 0,697 dan kuesioner sikap = 0,856. Video animasi tentang menyikat gigi sudah dinyatakan valid dan reliabel untuk penelitian. Uji statistic menggunakan wilcoxon test. Hasil:Hasil penelitian ini ialah terdapat pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap pengetahuan siswa dengan nilai p-value <0,05 dan terdapat pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap sikap siswa dengan nilai p-value <0,05. Kesimpulan: Kesimpulannya ialah terdapat pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap pengetahuan dan sikap menyikat gigi siswa SD Muhammadiyah Kalangan Banguntapan Yogyakarta
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15453
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV