ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL OSCE PADA MAHASISWA PSIK FKIK UMY
Abstract
Objective Structured Clinical Examination (OSCE) digunakan untuk menilai keterampilan klinis dan pengetahuan mahasiswa yang mendukung pada kondisi simulasi dengan dibatasi oleh waktu. Mahasiswa yang dapat melewati nilai batas lulus dapat dinyatakan kompeten dan mahasiswa yang tidak dapat melewati nilai batas lulus dinyatakan belum kompeten. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil OSCE pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan metode kuantitatif dan menggunakan desain deskriptif korelasional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 217 responden dengan menggunakan tehnik proportional stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2017. Analisis data menggunakan uji frequencies, uji chi-square dan dilanjutkan dengan uji regresi logistik. Hasil: Sikap dengan kategori buruk sebanyak 120 responden (55,3%), kategori skills non-klinis buruk sebanyak 123 responden (56,7%), kategori kemampuan psikomotor rendah sebanyak 125 (57,6%), kategori pengetahuan dan kemampuan menerapkan pengetahuan rendah sebanyak 112 responden (51,6%), kategori lingkungan buruk sebanyak 129 responden (59,4%), kategori keadaan emosional buruk sebanyak 132 responden (60.8%), kategori keadaan fisik buruk sebanyak 160 responden (73.7%), kategori karakter kepribadian ekstrovert sebanyak 134 responden (61.8%), dan kategori hasil OSCE lulus sebanyak 133 responden (61,3%). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan kemampuan menerapkan pengetahuan (p = 0,007), karakter kepribadian (p = 0,020) dengan hasil OSCE. Faktor yang paling mempengaruhi hasil OSCE adalah faktor pengetahuan dan kemampuan menerapkan pengetahuan (OR = 2,569) dan karakter kepribadian (OR = 2,446). Kesimpulan: Faktor pengetahuan dan kemampuan menerapkan pengetahuan adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi hasil OSCE.