HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Mutu pelayanan keperawatan di Indonesia dianggap masih
kurang memuaskan, dikarenakan beberapa alasan seperti, perawat kurang
perhatian kepada pasien, perawat kurang memberikan caring kepada pasien,
perawat kurang tanggap dalam menangani keluhan pasien, perawat kurang dalam
memberikan motivasi kepada pasien dan perawat kurang memperhatikan sikap
teraupetik kepada pasien. Hal ini menyebabkan kepuasan pasien pun masih
kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan
keperawatan dengan kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah Bantul.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif corelational dengan
pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 75
pasien yang diambil dari kelas II dan kelas III. Metode pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian ini
menggunakan kuesioner mutu pelayanan keperawatan dengan nilai validitas
0,452-0,754 dan nilai reliabilitas sebesar 0,717. Keusioner kepuasan pasien
dengan nilai validitas 0,465-0,915 dan nilai reliabilitas sebesar 0,740. Analisis
data menggunakan uji spearman rank.
Hasil: Mutu pelayanan keperawatan tergolong baik dengan persentase sebesar
89,3%. Tingkat kepuasan pasien tergolong cukup puas dengan persentase sebesar
68,0%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara mutu
pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah
Bantul dengan nilai p=0,005 dan nilai r=0,319.
Kesimpulan: Semakin baik mutu pelayanan keperawatan yang diberikan maka
akan semakin tinggi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.