View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (129.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (736.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (196.7Kb)
      ABSTRAK (248.3Kb)
      BAB I (239.1Kb)
      BAB II (118.8Kb)
      BAB III (305.5Kb)
      BAB IV (397.2Kb)
      BAB V (18.28Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (175.3Kb)
      LAMPIRAN (377.8Kb)
      Date
      2017-07-26
      Author
      ASTUTI, PAWIT PUJI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Mutu pelayanan keperawatan di Indonesia dianggap masih kurang memuaskan, dikarenakan beberapa alasan seperti, perawat kurang perhatian kepada pasien, perawat kurang memberikan caring kepada pasien, perawat kurang tanggap dalam menangani keluhan pasien, perawat kurang dalam memberikan motivasi kepada pasien dan perawat kurang memperhatikan sikap teraupetik kepada pasien. Hal ini menyebabkan kepuasan pasien pun masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah Bantul. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif corelational dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 75 pasien yang diambil dari kelas II dan kelas III. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner mutu pelayanan keperawatan dengan nilai validitas 0,452-0,754 dan nilai reliabilitas sebesar 0,717. Keusioner kepuasan pasien dengan nilai validitas 0,465-0,915 dan nilai reliabilitas sebesar 0,740. Analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil: Mutu pelayanan keperawatan tergolong baik dengan persentase sebesar 89,3%. Tingkat kepuasan pasien tergolong cukup puas dengan persentase sebesar 68,0%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah Bantul dengan nilai p=0,005 dan nilai r=0,319. Kesimpulan: Semakin baik mutu pelayanan keperawatan yang diberikan maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15621
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV