PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada peningkatan hasil
belajar mata pelajaran Tarikh setelah scientific approach diterapkan. Disamping
itu, riset ini juga mengawasi ciri proses pelaksanaan scientific approach di kelas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Untuk
pengambilan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pretest.
Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif.
Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran
Tarikh dengan menggunakan scientific approach cenderung meningkat signifikan.
Seperti dalam siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan
siswa mencapai (86,20%) dan pertemuan II prosentase kelulusan siswa mencapai
(89,65%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase
kelulusan siswa mencapai (96,55%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan II
menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (100%).
Jadi, hasil belajar siswa sebelum diterapkannya scientific approach hasil
belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh masih belum optimal. Penerapan
scientific approach sudah sesuai dengan skenario peneliti, dan setelah
diterapkannya scientific approach, hasil belajar siswa kelas VB mengalami
peningkatan serta penerapan scientific approach mampu meningkatkan hasil
belajar siswa dan menumbuhkan kemandirian kreativitas dalam belajar.