View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (62.49Kb)
      BAB I (114.6Kb)
      BAB III (151.5Kb)
      BAB IV (648.1Kb)
      BAB V (106.4Kb)
      COVER (78.41Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (71.73Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (100.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (544.2Kb)
      LAMPIRAN (418.2Kb)
      Date
      2017-05-19
      Author
      WIJAYA, BAGUS ADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tarikh setelah scientific approach diterapkan. Disamping itu, riset ini juga mengawasi ciri proses pelaksanaan scientific approach di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pretest. Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh dengan menggunakan scientific approach cenderung meningkat signifikan. Seperti dalam siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (86,20%) dan pertemuan II prosentase kelulusan siswa mencapai (89,65%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (96,55%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan II menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (100%). Jadi, hasil belajar siswa sebelum diterapkannya scientific approach hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh masih belum optimal. Penerapan scientific approach sudah sesuai dengan skenario peneliti, dan setelah diterapkannya scientific approach, hasil belajar siswa kelas VB mengalami peningkatan serta penerapan scientific approach mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan kemandirian kreativitas dalam belajar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15697
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV