HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa, tingkat perilaku agresif siswa dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional, yaitu penelitian yang mengkaji hubungan antara variabel, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan model skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional di SLB Negeri 1 Bantul rata-rata cenderung berada dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 19 responden (57.6%). Sedangkan untuk perilaku agresif berada dalam kategori sedang yaitu sebanyak 20 responden (60.6%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta, didapatkan bahwa nilai probabilitas (Sig 2 tailed) adalah .029, yang artinya p <0,05. Jadi, semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah pula untuk berperilaku agresif.