View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      METODE TAHFIDZ Al-QUR’AN KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (137.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.268Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (776.8Kb)
      BAB I (453.8Kb)
      BAB II (442.9Kb)
      BAB III (340.0Kb)
      BAB IV (467.4Kb)
      BAB V (185.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (332.3Kb)
      LAMPIRAN (3.315Mb)
      Date
      2017
      Author
      FIKRI, NURUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Skripsi ini berjudul Metode Tahfidzul Qur’an kelas IV di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta, yang bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode Tahfidzul Qur’an dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode Tahfidzul Qur’an pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara, pengamtan atau observasi dan dokumentasi kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan Metode Tahfidzul Qur’an seperti Kepala Sekolah, Guru Tahfidz Qur’an, serta 4 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diterapkan di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta yaitu: (1). Metode Klasikal (mendengarkan bacaan) jadi siswa mendengarkan gurunya membaca satu ayat yang diulang-ulang sebanyak 3 kali dengan alat pengeras suara, baru siswa kemudian menirukan ayat yang dibacakan oleh guru tersebut 3 kali. (2). Metode Jama’ metode ini sedkit sama dengan metode Klasikal yaitu Guru membacakan satu per satu ayat dan siswa menirukannya secara bersama-sama kemudian guru membimbing dan memberikan bacaan siswa dan menirukannya lagi. (3). Metode Tarkik (pengulangan) pengulangan hafalan yang sudah diinstrusikan kepada guru yang fungsinya adalah untuk menjaga dan memperkuat hafalan.(4). Metode Setor adalah mendengarkan hafalan-hafalan yang baru kepada guru. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung penerapan metode Tahfidzul Qur’an terdiri dari Faktor kecerdasan siswa, faktor tujuan dan minat, peran orang tua.sedangkan faktor penghambat metode Tahfidzul Qur’an di SD Muhamamdiyah Pakel Program Plus Yogyakarta ialah tingginya kemalasan siswa, siswa lebih suka bermain-main, faktor kecerdasan yang rendah, keterbatasan metode guru Tahfidz Qur’an.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15755
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV