View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 GEDANGSARI GUNUNGKIDUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (98.50Kb)
      HALAMAN JUDUL (847.5Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (137.3Kb)
      ABSTRAK (160.6Kb)
      BAB I (186.9Kb)
      BAB II (205.4Kb)
      BAB III (41.32Kb)
      BAB IV (445.2Kb)
      BAB V (139.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (216.3Kb)
      LAMPIRAN (510.2Kb)
      Date
      2017
      Author
      HIDAYATULLAH, FUAD SYARIF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap program tahfidz al-Quran di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Gedangsari Gunungkidul ditinjau dari komponen konteks, masukan, proses dan hasil. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi ekspos fakto (expose facto evaluation research) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari, Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context (konteks) menunjukkan bahwa program pembelajaran tahfidz al-Quran ini masih kurang baik karena perencanaan yang kurang matang, dan pada aspek kompetensi siswa, perlu diperhatikan lagi karena berkaitan dengan pencapaian target hafalan yang menjadi nilai yang diperhitungkan diakhir semester. (2) Evaluasi input (masukan) telah diketahui kemampuan awal siswa karena telah dilakukan placemen test baca al-Qur’an. Pada aspek peraturan yang mendukung sudah baik, hanya perlu lebih ditegaskan lagi bahwa program pembelajaran tahfidz merupakan salah hal yang sangat penting. (3) Evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Akan tetapi pada aspek penggunaan metode pembelajaran yang digunakan dirasa kurang efektif karena waktunya tidak mencukupi. (4) Evaluasi product (hasil) menunjukkan bahwa sebanyak 70% siswa kelas Program Tahfidz belum mencapai target hafalannya diakhir semester, dan 30% sudah bisa menyelesaikan target. Oleh karena itu program pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari Gunungkidu belum cukup berhasil dan perlu untuk ditingkatkan lagi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15759
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV