dc.contributor.advisor | RAHARJO, ARIF BUDI | |
dc.contributor.author | SARI, NOVITA | |
dc.date.accessioned | 2017-11-06T04:10:49Z | |
dc.date.available | 2017-11-06T04:10:49Z | |
dc.date.issued | 2017-08-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15781 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan impelementasi siswa terhadap Amal Ma’ruf dan Amal Munkar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi Data dianalisis secara kualitatif.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Pengetahuan Amal Ma’ruf siswa sudah baik. Hal ini terbukti dengan apa yang sudah peneliti tanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan Amal Ma’ruf dan mereka mengetahui bahwa Amal Ma’ruf itu merupakan perbuatan yang baik. (2) Implementasi siswa terhadap Amal Ma’ruf sudah baik. Siswa sudah dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Pengetahuan siswa tentang Amal Munkar belum terlalu baik. Terbukti dengan apa yang disampaikan oleh para siswa yang telah mengetahui bahwa Amal Munkar itu perbuatan yang tidak baik, tetapi mereka masih sering melakukannya. (4) Implemestasi atau penerapan siswa terhadap Amal Munkar sangatlah banyak. Terutama dalam masalah yang masih sering terjadi di kalangan pelajar yaitu tawuran dan pacaran. | en_US |
dc.description.abstract | This research aimed to discover the knowledge and implementation of
Amal Ma’ruf and Amal Munkar by the students. This research was a qualitative
research applying field research method. The subjects of this research were 6
students selected with purposive sampling. The data were collected through
interview, documentation, and observation. The data was then analyzed
qualitatively.
This research concluded that: (1) The students’ knowledge on Amal
Ma’ruf was sufficient. It was evidenced by the questions given by the researcher
to the students upon matters related to Amal Ma’ruf. Moreover, the students
understand that it was good deed. (2) The implementation of Amal Ma’ruf by the
students was sufficient. They implemented it in their daily life. (3) Students’
understanding on Amal Munkar was not sufficient. It was seen from students’
answer that Amal Munkar was bad deed but they still do it. (4) There were many
implementations of Amal Munkar by the students. For students, it was mostly
related to students’ fight and having relationship. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Pengetahuan | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Amal Ma’ruf | en_US |
dc.subject | Amal Munkar | en_US |
dc.title | PENGETAHUAN DAN IMPLEMENTASI KONSEP AMAL MA’RUF DAN AMAL MUNKAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TEMPEL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
346 | en_US |