dc.description.abstract | E-government merupakan salah satu sarana dan upaya pemerintah untuk
meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan
oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman guna meningkatkan pelayaanan
terhadap masyakarat yaitu dengan membuat program LARIS (Layanan Rakyat
Istimewa Sertifikat Tanah) yang berbasis e-government yang mana merupakan sistem
layanan pertanahan secara langsung kepada masyarakat dengan sistem tata kelola
dokumen pertanahan yang disajikan dalam bentuk imaging serta didukung dengan
aplikasi berbasis web. Program LARIS sudah 1 tahun berjalan di Badan Pertanahan
Nasional Kabupaten Sleman, maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengevaluasi Program LARIS yang berbasis e-government di Badan Pertananan
Nasional Kabupaten Sleman pada Tahun 2016.
Penelitian ini diharapkan mampu menggambarkan evaluasi program LARIS
yang berbasis e-government di Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Sleman Tahun
2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitiatif
deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara
beberapa staff diantaranya Kepala Kantor, Humas, Kepala Pelaksana program
LARIS, dan admin LARIS.
Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa program LARIS sudah berjalan
baik walaupun masih ada beberapa kendala yang dihadapi BPN Sleman dalam
pelaksanaanya diantaranya: ketidakjelasan SOP atau tidak adanya SOP khusus untuk
program LARIS sehingga pelaksanaan di lapangan hanya bersifat kondisional; masih
terbatasnya jaringan internet saat pelaksanaan di luar kantor; perlunya pembaharuan
segala sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan program LARIS; dan pasih
banyak masyarakat yang ada di Kabupaten Sleman yang belum mengetahui program
LARIS itu sendiri. Kendala diatas tidaklah menjadi masalah yang berarti untuk
pelaksanaan program LARIS karena hal tersebut dapat di jadikan bahan untuk
evaluasi agar kedepannya jauh lebih baik lagi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Program LARIS yang diterapkan di
Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman sudah berjalan dengan baik. Oleh
sebab itu, perlu dilanjutkan kedepannya guna menyediakan pelayanan publik yang
efisien dan efektif kepada masyarakat. Kemudian, selain hal tersebut perlu adanya
peningkatan layanan yang menunjang keberhasilan Program LARIS di Badan
Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman. | en_US |