View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (156.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (625.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (724.2Kb)
      ABSTRAK (111.9Kb)
      BAB II (410.1Kb)
      BAB I (174.0Kb)
      BAB III (262.1Kb)
      BAB IV (1.198Mb)
      BAB V (157.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (145.1Kb)
      LAMPIRAN (776.8Kb)
      Date
      2017-08-30
      Author
      YUNAR, ARIEF RAHMAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk karakter yang melekat pada siswa tunagrahita ringan dan hidden curriculum yang berjalan selama di kelas di SLB Negeri 1 Bantul. Melihat perbedaan kadar intelektual antara anak normal dan anak tunagrahita ringan, tentu memberikan dampak pada karakter yang bersemayam dalam diri siswa. Selain itu, pendidikan yang terfokus pada kurikulum tertulis, mengesampingkan peran kurikulum tidak tertulis (hidden curriculum) yang sudah sangat jelas memberikan dampak sangat signifikan terhadap pertumbuhan karakter peserta didik pada pembentukannya. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menggali bentuk-bentuk karakter yang melekat serta aspek-aspek hidden curriculum apa saja yang mengitari area kelas tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SLB Negeri 1 Bantul. Subjek penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di jurusan tunagrahita ringan, meliputi kepala sekolah, kepala jurusan, guru, dan siswa/i, sedangkan jumlahnya dibatasi berdasarkan karakteristik. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dianalisis menggunakan metode Milles dan Hubermas, dengan tahapan reduction, display dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 bentuk karakter yang dimiliki oleh siswa tunagrahita ringan yaitu religiusitas, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun aspek-aspek hidden curriculum, terdapat 2 macam yaitu aspek sosial yang menitikberatkan pada interaksi guru dengan siswa dan antar siswa itu sendiri, serta aspek budaya dengan kemandirian dan kedisiplinan pada pembiasaan-pembiasaan seperti salaman sebelum dan sesudah pelajaran, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, latihan dan pembiasaan merapihkan pakaian, perawatan gigi, dan rambut bagi yang tidak memakai jilbab.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15948
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV