dc.contributor.advisor | MUKTAF, ZEIN MUFARRIH | |
dc.contributor.author | PUTRI, FARANNISA RAMIL | |
dc.date.accessioned | 2017-11-14T02:35:01Z | |
dc.date.available | 2017-11-14T02:35:01Z | |
dc.date.issued | 2017-07-27 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16018 | |
dc.description | Saat ini perkembangan dunia bisnis tentunya tak lepas dari tantangan dan persaingan. Begitu pula dalam lingkup lembaga kursus Bahasa Inggris di Yogyakarta. Banyaknya kompetitor meningkatkan persaingan yang menuntut tiap lembaga kursus untuk berinovasi akan jasa yang ditawarkannya. Adapun English Cafe memposisikan diri sebagai kursus Bahasa Inggris yang bertempat di kafe sebagai inovasi baru dalam kursus Bahasa Inggris. Hal ini menjadikan English Cafe berbeda dari kursus lainnya dengan menawarkan metode belajar yang menyenangkan melalui konsep kafe dalam membangun suasana santai guna meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi positioning yang dilakukan oleh English Cafe dalam menghadapi persaingan kursus Bahasa Inggris di Yogyakarta. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penyajian analisis secara deskriptif. Kemudian data diperoleh melalui wawancara yang berpedoman pada interview guideline dan studi pustaka. Untuk menguji validitas data pada penelitian ini melalui triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini ialah positioning yang diterapkan English Cafe melalui berbagai tahapan yaitu tahap perencanaan yang terdiri dari menentukan segmentasi dan target pasar, mengidentifikasi kompetitor dan konsumen, menentukan tujuan serta ciri khas, dan penetapan harga. Selanjutnya tahap pelaksanaan positioning dengan mengaplikasikan konsep kafe melalui nama, logo, tagline, seragam dan ruang fisik yang dikomunikasikan melalui berbagai media yang telah ditentukan untuk menjangkau khalayak luas. Tahap terakhir penerapan positioning dengan melakukan evaluasi secara berkala sebagai bentuk pengawasan akan kinerja dan posisi English Cafe. Pemosisian kursus dengan konsep kafe sudah dirasa tepat, hal ini ditinjau dari peningkatan jumlah member yang semakin banyak tiap tahunnya dan tersebarnya cabang English Cafe di seluruh Indonesia. | en_US |
dc.description.abstract | Challenges and competition are inevitable in business development, likewise in
an institution of English course in Yogyakarta. To the number of competitors
increase the challenges that require the institution to innovate regarding the
service offered. In this case, English Café, as one of the English institutions in
Yogyakarta, put its position as a cafe-based course which became first
innovation in English course. This innovation makes English Cafe different
with other courses that offer enjoyable study method by café-based course
concept in building relaxed atmosphere to increase motivation of learning
English. This study aims to analyze the positioning strategy conducted by
English Cafe in facing the competition of English courses in Yogyakarta. The
author uses qualitative research methods with the presentation of descriptive
analysis. The data obtained through interviews based og interview guideline and
literature study. To examine the data validity in this research is through source
triangulation. In this research, the positioning is applied through various
stages, namely the planning stages which consists of determining the
segmentation and target market, identifying competitors and consumers,
determining the purpose and characteristic, and also setting the price. In the
following phase, the implementation of the positioning is by applying café
concept through logo, tagline, uniform and physical space which are
communicated via all types of media have been determined to reach wider
public. The last stage of the application of positioning si by conducting periodic
evaluations as a form of supervision on the performance and position of
English Cafe. The positioning of the course with the concept of the cafe has
been considered as appropriate. It is viewed from the increasing number of
members every year and the spread of English Cafe branch throughout
Indonesia. | en_US |
dc.publisher | FISIPOL UMY | en_US |
dc.subject | Positioning | en_US |
dc.subject | logo | en_US |
dc.subject | tagline | en_US |
dc.subject | kursus Bahasa Inggris | en_US |
dc.title | STRATEGI POSITIONING ENGLISH CAFE (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Positioning English Cafe sebagai Kursus Bahasa Inggris dengan Konsep Kafe dalam Menghadapi Persaingan Kursus Bahasa Inggris di Yogyakarta 2012-2016) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
396 | en_US |