dc.description.abstract | Latar Belakang: Problem based learning (PBL) adalah suatu metode pembelajaran yang melibatkan mahasiswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menerapkan PBL sejak tahun akademik 2004/2005. Kegiatan inti PBL adalah tutorial yang bertujuan mengembangkan keterampilan independen yaitu pembentukan pengetahuan profesional, pengembangan keterampilan pemecahan masalah, meningkatkan motivasi, keefektifan kerja tim, belajar mandiri.
Tujuan Penelitian: Mengetahui keefektifan pelaksanaan tutorial metode problem based learning pada mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian ini dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling yang menggunakan stratified random sampling. Data penelitian diambil menggunakan instrument berupa kuesioner.
Hasil Penelitian: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa keefektifan pelaksanaan tutorial metode problem based learning kategori tinggi sebanyak 66,7%, kategori sedang sebanyak 31,9%, dan kategori rendah sebanyak 1,4%. Sedangkan tingkat keefektifan komponen tutorial metode problem based learning pada pengetahuan profesional, efektif 65,2%. Keterampilan pemecahan masalah, sangat efektif 72,5%. Pengembangan Belajar Mandiri, efektif 65,2%. Peningkatan Motivasi, efektif 65,2%. Keefektifan Kolaborasi Kelompok, efektif 62,3.
Kesimpulan: Keefektifan pelaksanaan tutorial metode problem based learning pada mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah tinggi. | en_US |