dc.contributor.author | JUNAEDI, FAJAR | |
dc.date.accessioned | 2017-11-16T02:04:06Z | |
dc.date.available | 2017-11-16T02:04:06Z | |
dc.date.issued | 2017-10-01 | |
dc.identifier.citation | media, sepakbola, jurnalisme cetak, jurnalisme daring, komunikasi, media baru | en_US |
dc.identifier.isbn | 987-603-97613-3-7 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16111 | |
dc.description.abstract | Di saat media cetak yang secara khusus memposisikan dalam jurnalisme
sepakbola mengalami senjakala, muncul di media daring nama – nama baru
dalam jurnalisme sepakbola. Diantara nama – nama baru itu adalah Pandit
Football, Fandom (awalnya bernama Football Fandom), Pasoepati.net, Emosi
Jiwaku dan Sleman Football. Semua media berbasis daring yang rubrikasinya
melulu tentang sepakboka ini dikelola oleh kaum muda.
Sepakbola dalam jurnalisme di Indonesia awalnya hanyalah merupakan
salah satu bagian pemberitaan media. Berita tentang sepakbola di Indonesia
setua sepakbola di Indonesia itu sendiri. Dari laporan jurnalistik yang terbit di
masa kolonial bisa dilacak awal mulanya sepakbola masuk ke Indonesia.
Sepakbola dalam jurnalisme media cetak di Indonesia awalnya
ditempatkan di halaman dalam, kecuali jika ada peristiwa penting yang memiliki
nilai penting, berita sepakbola ditampilkan di bagian depan koran. Koran – koran
nasional yang terbit di Jakarta umumnya tidak memiliki kedekatan identitas
dengan perkumpulan sepakbola di daerah. | en_US |
dc.publisher | ASPIKOM Korwil Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta | en_US |
dc.subject | Jurnalisme | en_US |
dc.subject | jurnalisme cetak | en_US |
dc.subject | jurnalisme daring | en_US |
dc.subject | media baru | en_US |
dc.title | SENJAKALA MEDIA CETAK, KEBANGKITAN MEDIA DARING : JURNALISME SEPAKBOLA DI ERA MEDIA BARU | en_US |
dc.type | Book chapter | en_US |