PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, GROWTH, MEDIA EXPOSURE DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, likiditas, growth, media exposure dan kinerja lingkungan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh total sampel sebanyak 22 perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel growth berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel media exposure dan kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.