EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNKAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DI PONDOK MODERN ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN02011-2012
Abstract
Simpulan penelitian ini bahwa adanya peningkatan hasil belajar dalam artian prestasi siswi meningkat dan mendapat nilai sangat baik dan dinyatakkan pembelajarannya berhasil silihat dari presentasi penelitian yaitu siswi yang mendapat nilai tuntas sudah mencapai 95%, siswi yang mendapat nilai belum tuntas 5 %. Adanya peningkatan motivasi belajar siswi dinyatakan pembelajarannya berhasil dilihat dari presentase penilaian motivasi yaitu siswi yang termtivasi baik sudah mencapai 75%, siswi yang termotivasi cukup 15% dan siswi yang kurang termotivasi 15%. Berangkat dari presentasi yang didapat maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan baik.