View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANAJEMEN KURIKULUM INKLUSI: STUDI IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM INKLUSI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (102.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (537.4Kb)
      PENGESAHAN (517.2Kb)
      ABSTRAK (86.15Kb)
      BAB I (222.4Kb)
      BAB II (374.1Kb)
      BAB III (107.1Kb)
      BAB IV (369.3Kb)
      BAB V (166.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (300.2Kb)
      LAMPIRAN (82.28Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (277.6Kb)
      Date
      2017-12-22
      Author
      FIRMANSYAH, FAHMI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi manajemen kurikulum inklusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta (SMPM 9) dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen kurikulum inklusi tersebut. Penelitian ini termasuk pada penelitian dengan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode fenomenologi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru pendamping khusus, guru mata pelajaran dan siswa ABK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi Manajemen Kurikulum Inkluis terdiri dari (a) secara proses perencanaan, kurikulum inklusi yang ada di SMPM 9 ini berupa kurikulum nasional yang bersifat umum dan modifikasi kurikulum yang bersifat khusus (b) secara organisasi kurikulum, di sekolah tersebut melibatkan beberapa hal berikut, ruang lingkup, kontinuitas, keseimbangan bahan pelajaran dan alokasi waktu (c) implementasi kurikulum, klasifikasi kemampuan yang dilakukan oleh pihak sekolah terhadap kemampuan peserta didik ABK serta strategi Positive Behavioral Support dan pendampingan psikolog bagi peserta didik ABK (d) evaluasi kurikulum telah berjalan secara terstruktur dan menyeluruh. (2) Faktor pendukung dan penghambat adalah (a) faktor pendukung yang ditemukan ialah dukungan penuh kepala sekolah, pemahaman yang cukup mapan di antara guru dan peserta didik tentang peserta didik ABK, kebijakan pendampingan yang dilakukan pula oleh psikolog serta tercukupinya perangkat tindakan inklusi (b) faktor penghambat yang ditemukan ialah proses pembuatan perencanaan dan program pembelajaran individu hanya dilakukan oleh guru GPK. Faktor selanjutnya ialah tidak dapat ditebaknya kondisi para peserta didik ABK, sehingga pada suatu waktu, semua peserta didik ABK membutuhkn tindakan yang sama, sehingga penanganan menjadi kewalahan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16805
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV