dc.contributor.advisor | SAMSUDIN, MUH | |
dc.contributor.author | SUSILOWARDANI, FIRMAN MUJI | |
dc.date.accessioned | 2018-01-18T06:43:30Z | |
dc.date.available | 2018-01-18T06:43:30Z | |
dc.date.issued | 2017-12-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16975 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kegunaan media gambar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Dengan desain penelitian mengikuti karya model didik Komaidi dan Wahyu Wijayanti. Data dikumpulkan dengan pengamatan dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI siklus II pertemuan pertama memperoleh nilai dengan rata-rata 73,08 dengan persentase siswa yang lulus 74%. (2) pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI siklus II pertemuan kedua memperoleh nilai rata rata 79,21 dengan persentase siswa yang lulus 82,60%. (3) pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI siklus III pertemuan pertama memperoleh nilai dengan rata-rata 82,39 dengan persentase siswa yang lulus 96%. (4) pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI siklus III pertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata 87,78 dengan persentase siswa yang lulus 100%. (5) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada mapelajaran PAI di setiap siklusnya | en_US |
dc.description.abstract | This research aimed to (1) find out the benefit of picture as a media in Islamic Education subject, (2) find out students’ understanding in Islamic Education subject, and (3) find out the use of picture as a media in improving students’ understanding in Islamic Education subject.
This research was a Classroom Action Research (CAR) of which research design followed the model of Didik Komaidi and Wahyu Wijayanti. The data were collected through observation and interview; it was then analyzed descriptively.
The research resulted that (1) the score of students’ understanding on Islamic Education subject cycle II in the first meeting was averagely 73.08 (74% passed), (2) the score of students’ understanding on Islamic Education subject cycle II in the second meeting was averagely 79.21 (82.6% passed), (3) the score of students’ understanding on Islamic Education subject cycle III in the first meeting was averagely 82.39 (96% passed), (4) the score of students’ understanding on Islamic Education subject cycle III in the second meeting was averagely 87.78 (100% passed), (5) there was an improvement of students’ understanding in each cycle in Islamic Education subject. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | understanding, picture as media, Classroom Action Research, Islamic Education subject pemahaman belajar, media gambar, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Agama Islam. pemahaman belajar, media gambar, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Agama Islam. | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IBADAH UNTUK MENAMBAH PEMAHAMAN SISWA DI SD KROGOWANAN SAWANGAN MAGELANG | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
503 | en_US |