dc.contributor.advisor | SAMSUDIN, MUH | |
dc.contributor.author | SAPUTRA, GHUFRON EKA ADI | |
dc.date.accessioned | 2018-01-20T02:39:43Z | |
dc.date.available | 2018-01-20T02:39:43Z | |
dc.date.issued | 2017-12-23 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17060 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan smartphone, dan mendeskripsikan Aktivitas Belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, selanjutnya untuk membuktikan pengaruh penggunaan smartphone terhadap aktivitas belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan model korelasi. Populasi berjumlah 150, dengan sampel 30 siswa yang diambil dengan random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis secara deskriptif, uji anova, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat penggunaan smartphone siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam kelas interval 42-46 dengan jumlah 12 siswa dan intensitas 40 %, sedangkan jika melihat hasil dari tabel 4.9 nilai mean berada pada kelas interval 40-43, dengan ini dapat dikatakan bahwa intensitas penggunaan smartphone dalam kategori sedang. (2) Tingkat aktivitas belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam kelas interval 50-53 dengan jumlah 10 siswa dan frekuensi 33%, sedangkan jika melihat hasil tabel 4.10 nilai mean 55,10, nilai tersebut berada pada kelas interval 54-57, dengan ini dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar siswa dalam kategori rendah. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel penggunaan smartphone terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari uji anova yang hasilnya 0,045 < 0,05, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to figure out the intensity of using smartphone, to describe the Grade X students’ learning activities in SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, and to prove the effect of using smartphone on the Grade X students’ learning activities in SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
This study was a quantitative descriptive research with correlational model. The population was 150 with 30 students taken as random sampling. The data was collected by using questionnaire, followed by descriptive analysis, anova testing, simple regression testing and hypothesis testing.
Result shows that: 1) the level of smartphone usage of Grade X students of SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta is classified as interval 42-46, with total number of 12 students and 40 % intensity. Meanwhile, table 4.0 shows that the mean value is classified as interval 40-43. It proves that the intensity of smartphone usage is categorized as medium. (2) The level of learning activity of Grade X students of SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta is classified as interval 50-53, with total number of 10 students, 33% frequency. Meanwhile, Table 4.10 shows that the mean value is classified as interval 54-57. It proves that the students’ learning activity is categorized as low. (3) There is a significant effect between the variable of smartphone usage and the Grade X students’ learning activities in SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. It can be seen from the anova test result that shows 0,045 < 0,05. Therefore, it can be concluded that the hypothesis (Ha) is accepted. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Smartphone, Learning Activities, Students Smartphone, Aktivitas Belajar, dan Siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
410 | en_US |