View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PEMIKIRAN HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH (HAMKA) TENTANG FEMINISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (29.50Kb)
      HALAMAN JUDUL (527.6Kb)
      PENGESAHAN (149.3Kb)
      ABSTRAK (147.9Kb)
      BAB I (145.7Kb)
      BAB II (209.4Kb)
      BAB III (66.06Kb)
      BAB IV (367.3Kb)
      BAB V (76.39Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (150.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (507.9Kb)
      Date
      2017-12-22
      Author
      ZAKIYAH, LAELA FARHATUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Feminisme diawali oleh persepsi tentang ketimpangan para perempuan dibandingkan laki-laki di masyarakat. Akibat persepsi ini timbul berbagai upaya untuk mengkaji penyebab ketimpangan tersebut untuk mengeliminasi dan menemukan formula penyetaran hak perempuan dan laki-laki dalam segala bidang, sesuai dengan potensi mereka sebagai manusia. Perkembangan aliran feminisme yang datang dari barat tidak menyurutkan searang tokoh muslim yang sekaligus menjadi tokoh rujukan dalam berbagai ilmu Agama sampai pendidikan yaitu Hamka berbicara tentang feminisme dalam konteks keperempuanan. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Hamka tentang Feminisme dalam perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian yang telah penulis lakukan termasuk ke dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Penulis melakukan kajian terhadap sumber primer dan sekunder yang bisa menjawab dari rumusan masalah yang telah penulis rumuskan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif, sehingga hasil yang didapatkan dapat utuh dan menyeluruh. Temuan dalam penelitian ini adalah bagaimana Hamka memberikan pandangan tentang perempuan melalui suber primer buku “Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan” dan “Tafsir Al Azhar” yang termasuk ke dalam hakikat pemikiran feminisme. Beliau memandang bahwa feminisme dalam perspektif pendidikan mengandung empat hal yaitu kedudukan, peranan, dan kebebasan perempuan, serta kesetaraan gender. Relevansi pemikiran feminisme dalam konteks pendidikan Islam menurut Hamka bahwasanya, perempuan memiliki kedudukan, peranan dan kebebasan perempuan serta kesetaraan gender dalam ranah publik, dengan tetap mematuhi ajaran Islam yang telah dijadikan pedoman.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17152
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV