View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      INOVASI BKKBN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (94.33Kb)
      HALAMAN JUDUL (497.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (78.35Kb)
      ABSTRACT (81.00Kb)
      BAB I (375.8Kb)
      BAB II (457.0Kb)
      BAB III (1.184Mb)
      BAB IV (85.38Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (93.41Kb)
      LAMPIRAN (157.5Kb)
      Date
      2017-12-18
      Author
      RUBIANTO, ANGGIT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Inovasi merupakan salah satu bentuk pembaharuan yang dilakukan suatu organisasi untuk tujuan tertentu. Seiring dengan percepatan pertumbuhan penduduk di Indonesia, program Keluarga Berencana (KB) menjadi program unggulan oleh BKKBN. Salah satu inovasi yang dibuat oleh BKKBN pada tahun 2016 yaitu inovasi Rumah Data Kependudukan berbasis masyarakat (community based). Inovasi tersebut dibuat karena melihat dari permasalahan bahwa data yang ada belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan kemampuan membaca data yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi BKKBN Provinsi Daerah Yogyakarta dalam meningkatan kualitas pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Rumah Data Dusun Jasem, Desa Srimulyo. Untuk mengukur inovasi oleh BKKBN, penulis menggunakan indikator ketersediaan sumber daya, komunikasi antar unit, dan organisasi yang inovatif. Sementara untuk mengukur kualitas pelayanan, penulis menggunakan indikator terbuka dalam memberikan informasi dan profesionalisme tenaga kerja. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara serta dokumentasi kepada narasumber mengenai bagaimana inovasi dan pelaksanaan Rumah Data dalam meningkatkan kualitas pelayanan KB di Rumah Data Kampung KB Dusun Jasem. Hasil penelitian menyebutkan bahwa inovasi yang dibuat oleh BKKBN yang berbentuk Rumah Data telah memenuhi indikator-indikator yang digunakan pada penelitian. Adanya rumah data juga memberikan manfaat untuk masyarakat karena dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh kader Peran Pembantu Keluarga Berencana Desa dan Dusun (PPKBD) mengenai manfaat KB. kemudian ada pelayanan yang diberikan oleh para kader PPKBD dan SUB PPKBD adalah mendata masyarakat yang mengikuti KB dan mengajak masyarakat untuk berKB Pelaksanaan Rumah Data dalam meningkatkan pelayanan KB juga dapat dikatakan baik karena keterbukaan informasi yang diberikan. Tetapi masih memiliki keterbatasan dalam hal profesionalisme tenaga kerja yang masih belum mengerti tentang teknologi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pembuatan landasan hukum yang kuat tentang pembentukan Rumah Data. Selain itu, pengadaan dana oleh desa juga diperlukan demi keberlangsungan kegiatan oleh rumah data, pelatihan Teknologi kepada para kader PPKBD dan SUB PPKBD di Rumah Data.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17213
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV