dc.contributor.advisor | SUWANDA, TOTOK | |
dc.contributor.advisor | NUGROHO, ARIS WIDYO | |
dc.contributor.author | SYAIFUDIN, EKO | |
dc.date.accessioned | 2018-01-29T04:02:42Z | |
dc.date.available | 2018-01-29T04:02:42Z | |
dc.date.issued | 2018-01-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17287 | |
dc.description | Continuous drive friction welding (CDFW) merupakan suatu metode
pengelasan solid state yang cocok diaplikasikan pada penyambungan logam silinder
pejal. Pada proses penyambungan CDFW digunakan beberapa parameter penting
yang berpengaruh terhadap kekuatan sambungan. Beberapa parameter tersebut
diantaranya: waktu gesek, tekanan gesek, waktu upset, tekanan upset dan putaran
mesin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu gesek
terhadap kekuatan tarik, struktur mikro dan kekerasan sambungan dengan CDFW.
Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah logam silinder pejal
aluminium 6061 T6. Proses pengelasan menggunakan variasi parameter waktu gesek
2 detik, 3 detik, 4 detik, 5 detik, 6 detik, 7 detik, 8 detik, 9 detik, dan 10 detik.
Sedangkan parameter yang lain dibuat konstan, yaitu tekanan gesek 30 MPa, tekanan
upset 70 MPa, waktu upset 2 detik, dan putaran mesin 1000 rpm. Untuk mengetahui
pengaruh dari waktu gesek pada hasil sambungan dilakukan pengamatan struktur
mikro, pengujian kekerasan vickers, dan pengujian tarik.
Pada pengujian struktur mikro hasil sambungan mengalami perubahan
struktur mikro dimana semakin mendekati sambungan kandungan Mg yang
ditunjukan dengan butiran hitam pada spesimen dikarenakan pengetsaan pada
spesimen uji semakin meningkat. Pada pengujian kekerasan spesimen mengalami
penurunan nilai kekerasan seiring semakin dekatnya jarak dari sambungan. Untuk
pengujian tarik kekuatan tarik maksimum terjadi pada waktu gesek 6 detik dengan
hasil 215, 76 MPa, sedangkan kekuatan tarik terendah diperoleh saat penggunaan
waktu gesek 2 detik yaitu 78,60 MPa. | en_US |
dc.description.abstract | Continuous drive friction welding (CDFW) is a solid state welding method
that suitable to be applied on solid metal cylinder splicing. In the process of CDFW
joint uses several important parameters that affects on the strength of joint. There are
several important parameters, such as: friction time, friction pressure, upset time,
upset pressure and rotational speed. This study was conducted to determine the effect
of friction time variation on tensile strength, microstructure and hardness of
almunium joint with CDFW.
The material used in this study is aluminum solid metal cylinder 6061 T6. The
welding process using variation of time friction parameters 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
seconds. While the other parameters keep constant, that are 30 MPa friction pressure,
70 MPa upset pressure, 2 second upset time and rotational speed 1000 rpm. To
evaluate the effect of time friction on the joint, micro structure, examanition of
Vickers hardness test, and tensile test were carried.
From the microstructure examinition, the micro structure which is closer to
the joint of Mg content indicated by black grain on the specimen. Hardness specimen
decrease the hardness value as the distance from joint closes. Maximum drag highest
tensile strength was found on the speciment with at 6 seconds friction time (215,76
MPa), while the lowest tensile strength obtained on the specimen with that of 2 se
seconds is (78,60 MPa). | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | CDFW, Aluminum 6061 T6, friction time, Micro structure, Hardness, Tensile strength. CDFW, Aluminium 6061, Waktu gesek, Kekuatan tarik, Strukur mikro, Kekerasan. | en_US |
dc.title | PENGARUH VARIASI WAKTU GESEK TERHADAP KEKUATAN TARIK STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN SAMBUNGAN LOGAM SILINDER PEJAL ALUMUNIUM 6061 T6 MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS DRIVE FRICTION WELDING | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
668 | en_US |