View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (99.78Kb)
      HALAMAN JUDUL (528.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (109.3Kb)
      ABSTRACT (86.21Kb)
      BAB I (205.0Kb)
      BAB II (351.0Kb)
      BAB III (480.3Kb)
      BAB IV (629.0Kb)
      BAB V (95.44Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (295.3Kb)
      LAMPIRAN (1.051Mb)
      Date
      2017-12-22
      Author
      NURKOTIMAH, ANDRI ASTUTIK
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kreativitas guru dalam pengelolaan pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi expost facto dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti melakukan evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan menganalisis komponen context, input, process, product. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 guru tetap PAI, Kepala Sekolah dan 40 siswa kelas X MIPA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menyajikan data dan menyimpulkan data serta untuk data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) evaluasi context menunjukkan bahwa pembelajaran menjadikan siswa kreatif sehingga mampu mengembangkan diri tanpa tergantung oleh guru, memicu siswa agar lebih aktif untuk mengikuti materi yang telah guru sampaikan, serta memvariasikan metode pembelajaran agar siswa tidak bosan. Maka dalam context evaluasi dikatakan baik. (2) Evaluasi input dikatakan baik dan sudah sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan/training sudah sering dilakukan oleh guru serta dalam pemetakan kelas sudah berpatokan dengan penelitian dan bimbingan (litbang). Sarana di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta juga sudah sangat memadai. (3) Evaluasi process di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta di kategorikan cukup dikarenakan mengenai metode kurang bervariatif akan tetapi didalam media serta penilaian guru terhadap siswa sudah tergolong baik. (4) Evaluasi product dari hasil kuesioner menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pengelolaan pembelajaran memiliki 12 aspek yang menunjukkan 3 aspek memiliki kategori tinggi, 8 aspek memiliki kategori sedang, 3, dan 1 aspek memiliki kategori rendah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17346
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV