dc.contributor.advisor | DIWANTI, DYAH PIKANTHI | |
dc.contributor.author | KHOTIMAH, HUSNUL | |
dc.date.accessioned | 2018-02-02T07:06:41Z | |
dc.date.available | 2018-02-02T07:06:41Z | |
dc.date.issued | 2017-12-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17401 | |
dc.description | Perbankan syariah merupakan lembaga keuangan yang sangat pesat
pertumbuhannya. Banyak sekali produk-produk unggulan yang ditawarkan oleh
perbankan syariah, salah satunya yaitu produk gadai. Gadai dalam Islam dikenal juga
sebagai rahn. Rahn merupakan suatu jenis akad dimana didalamnya terjadi transaksi
dan menahan barang sebagai jaminan pinjamannya. Banyak faktor-faktor yang
menjadi dorongan masyarakat untuk memiliki minat dalam memilih produk gadai di
perbankan syariah beberapa diantaranya yang dijadikan hipotesis dalam penelitian ini
adalah lokasi, biaya dan aspek syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dengan penelitian lapangan berupa penyebaran kuisioner
terhadap 100 responden yang dijadikan sampel yang tersebar di dua lokasi yaitu Pasar
Beringharjo dan Pasar Kranggan Yogyakarta. Hasil penelitian yang diperoleh adalah
masyarakat pasar sebagian besar memilih untuk melakukan transaksi gadai di
perbankan syariah karena faktor kebutuhan modal usaha untuk pengembangan usaha
dagangnya. Dalam penelitian ini peneliti juga mencari hubungan antar variabel bebas
dan variabel terikat. Hasil yang diperoleh adalah ketiganya secara parsial maupun
simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dalam
memilih produk gadai di perbankan syariah. Kemudian faktor lain yang ditemukan
diluar dari ketiga variabel yang dijadikan dugaan sementara yang juga menimbulkan
alasan mereka untuk memilih produk gadai di perbankan syariah yaitu, faktor
promosi, faktor pengetahuan, faktor kepercayaan serta faktor persepsi. | en_US |
dc.description.abstract | Islamic bank is a financial institution that grows rapidly. There are many
superior products offered, one of them is gadai (pledge) product. Gadai is known as
rahn in Islam. Rahn is a kind of contract in which there is transaction and goods
holding as the loan. There are many factors that influence people in selecting gadai
product and several factors used as hypothesis in the research were the location, the
fee and the aspects of sharia. The research methodology used was descriptive
quantitative with a field research by distributing questionnaires in two markets in
Yogyakarta, namely Pasar Beringharjo and Pasar Kranggan to 100 respondents as
the samples. The result indicated that most people chose to make gadai transaction in
Islamic Banks in order to have capital for developing their businesses. The relation
between the independent variable and dependent variable were also observed. The
result indicated that the three had significant influence toward the people’s interest in
selecting gadai product in Islamic banks. Other contributing factors were marketing,
knowledge, trust and perception. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Islamic Bank, gadai (rahn), factors that influence the interest, product selection. Perbankan syariah, gadai (rahn), faktor yang mempengaruhi minat, pemilihan produk. | en_US |
dc.title | FAKTOR-FAKTORYANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM MEMILIH PRODUK GADAI DI PERBANKAN SYARIAH | en_US |
dc.title.alternative | (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PASAR BERINGHARJO DAN PASAR KRANGGAN YOGYAKARTA ) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
514 | en_US |