View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENGGUNAAN CDI PREDATOR DUAL MAP TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC TRANSMISI AUTOMATIC TAHUN 2009 DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTAMAX

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (83.17Kb)
      HALAMAN JUDUL (261.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (245.0Kb)
      ABSTRAK (6.514Kb)
      BAB I (14.42Kb)
      BAB II (872.4Kb)
      BAB III (770.1Kb)
      BAB IV (269.5Kb)
      BAB V (9.545Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (8.655Kb)
      LAMPIRAN (710.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (738.6Kb)
      Date
      2017-12-08
      Author
      SEPTIANDA, RICKY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Telah dilakukan penelitian perbandingan penggunaan CDI untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis CDI Standar (limiter) dan CDI Predator Dual Map (unlimiter) dengan penggunaan bahan bakar pertamax terhadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor 4 langkah transmisi automatic tahun 2009. Penelitian ini dilakukan karena sistem pengapian sangat berpengaruh pada kinerja ataupun konsumsi bahan bakar yang digunakan. Pengujian percikan bunga api pada busi diuji menggunakan alat uji percikan bunga api busi yang memanfaatkan putaran mesin listrik sebesar 3000 RPM. Torsi dan daya diuji menggunakan alat dynotest dari kecepatan putar mesin 4000-10000 RPM. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan pengujian uji jalan pada kecepatan ±30 km/jam sejauh 4km/pengujian dengan takaran bahan bakar 100 ml. Hasil pengujian percikan bunga api pada busi menunjukkan nilai transfer panas maksimum yang dihasilkan dari penggunaan variasi CDI Predator Map1 sebesar ±5500 K melampaui hasil nilai transfer panas yang dihasilkan oleh CDI Standar dengan nilai transfer panas ±5000 K. Diikuti hasil pengujian torsi tertinggi sebesar 10,45 N.m pada kecepatan mesin 4869 rpm. Hasil torsi penggunaan variasi CDI Predator Map1 melampaui torsi penggunaan CDI standar sebesar 6,96%. Daya maksimum dihasilkan dari penggunaan CDI Predator Map2 sebesar 7,3 HP melampaui hasil daya penggunaan CDI Standar sebesar 1,38%.. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar pada penggunaan variasi CDI Predator Map1 bisa menempuh jarak 55,16 Km/l, hasil tersebut 3,6% lebih irit dari penggunaan CDI Standar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17495
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV