View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH VARIASI ROLLER 8 GRAM, 9 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM, 12 GRAM DAN PEGAS CVT 2000 RPM TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA SCOOPY 108 CC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (130.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (159.6Kb)
      PENGESAHAN (347.3Kb)
      ABSTRAK (84.21Kb)
      BAB I (95.49Kb)
      BAB II (1.067Mb)
      BAB III (928.2Kb)
      BAB IV (817.1Kb)
      BAB V (85.60Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (152.3Kb)
      LAMPIRAN (3.563Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (580.5Kb)
      Date
      2016-12-02
      Author
      AKBAR, RIYAN FAIZAL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pada saat ini sudah banyak penggguna kendaraan bermotor yang modifikasi, salah satunya memodifikasi roller dan pegas CVT, agar mendongkrak perfoma mesin lebih bertenaga dan tarikan mesin lebih ringan. Akan tetapi minimnya pengetahuan pengguna kendaraan bermotor mengenai pengaruh dari modifikasi variasi berat roller dan pegas CVT terhadap kinerja mesin pada kendaraan bermotor dapat mengakibatkan performa mesin yang tidak maksimal. Untuk itu pada penelitian ini akan melakukan analisa pengaruh variasi dari berat roller 8 gram, 9 gram, 10 gram, 11 gram, 12 gram dan penggantian pegas CVT 2000 rpm untuk meningkatka torsi, daya dan akselerasi yang lebih maksimal terhadap kinerja motor Honda Scoopy 108 cc. Metode throttle spontan adalah throttle motor ditahan mulai dari 3000 rpm sampai 9000 rpm. Tahapan throttle spontan ini pertama-tama mesin dihidupkan, kemudian throttle ditahan pada 3000 rpm setelah stabil pada 3000 rpm throttle diputar sampai 9000 rpm. Hasil pengujian dari metode ini adalah daya dan torsi yang dihasilkan dari dynotest. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapat torsi N.m tertinggi pada roller 8 gram sebesar 14,79 N.m pada kecepatan putar 3722 rpm. Daya Hp tertinggi pada roller 8 gram sebesar 8,2 Hp pada kecepatan putar 4282 rpm. Akselerasi torsi tercepat didapat pada roller 12 gram dengan waktu 0,14 detik pada kecepatan putar 3478 rpm. Akselerasi daya tercepat didapat pada roller 8 gram dan pegas CVT 2000 rpm dengan selisih waktu yang sama pada kecepatan putar 4282 rpm. Akselerasi torsi tertinggi didapat pada roller 8 gram sebesar 14,79 N.m pada waktu 0,16 detik dengan kecepatan putar 3722 rpm. Akselerasi daya tertinggi didapat pada roller 8 gram sebesar 8,2 Hp pada waktu 0,16 detik dengan kecepatan putar 4282 rpm.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17498
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV