View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN E-LEARNING AJALT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (150.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.111Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (567.6Kb)
      ABSTRAK (255.7Kb)
      BAB I (203.8Kb)
      BAB II (1.122Mb)
      BAB III (741.7Kb)
      BAB IV (364.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (264.5Kb)
      LAMPIRAN (3.413Mb)
      Date
      2017-11-18
      Author
      NURFAUZIAH, TIFA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini mengenai keefektifan media e-learning AJALT sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kosakata bahasa Jepang mahasiswa yang tidak menggunakan media e-learning AJALT, hasil belajar kosakata bahasa Jepang siswa yang menggunakan media e-learning AJALT, dan keefektifan penggunaan media e-learning AJALT dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Selain itu juga mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media e-learning AJALT. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes yang diberikan kepada subjek penelitian setelah pembelajaran dilakukan. Peneliti juga menggunakan instrumen angket untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media e-learning AJALT. Analisis instrumen tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol. Hasil perhitungan dengan T-test menunjukkan 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (2.3) lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2.07). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya, hasil perhitungan keefektifan pembelajaran pada kelompok eksperimen dengan rumus N-gain didapatkan 0.91. Hal ini menunjukkan bahwa media e-learning AJALT sangat efektif pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Adapun dari hasil angket, diketahui bahwa hampir seluruh mahasiswa mengatakan media e-learning AJALT dapat meningkatkan motivasi untuk belajar bahasa Jepang, sebagian besar mahasiswa mengatakan media e-learning AJALT dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Namun, hanya kurang dari setengah mahasiswa yang mengatakan akan menggunakan media e-learning di luar kelas.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17543
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV