View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH TEKANAN UPSET TERHADAP KEKUATAN TARIK STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN SAMBUNGAN LOGAM SILINDER PEJAL ALUMINIUM 6061 T6 DAN STAINLESS STEEL 304 MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS DRIVE FRICTION WELDING

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (30.03Kb)
      HALAMAN JUDUL (480.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (385.2Kb)
      ABSTRAK (143.8Kb)
      BAB I (252.3Kb)
      BAB II (619.0Kb)
      BAB III (1.026Mb)
      BAB IV (1.450Mb)
      BAB V (242.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (207.0Kb)
      LAMPIRAN (1.598Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (744.2Kb)
      Date
      2017-08-16
      Author
      WIDIYANTO, AAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Friction welding adalah suatu metode pengelasan yang dapat memecahkan masalah penyambungan material beda jenis Aluminium 6061 T6 dan Stainless steel 304. Pada penyambungannya tidak memperhatikan perbedaan sifat fisik, dan sifat mekanis dari kedua material, sehingga mampu menyambungkan kedua jenis material tersebut. Pada proses penyambungannya menggunakan beberapa parameter penting yang mampu mempengaruhi hasil kekuatan sambungannya. Salah satu parameter yang berpengaruh besar pada hasil sambungan adalah parameter tekanan upset. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besarnya tekanan upset terhadap kekuatan tarik, struktur mikro dan kekerasan dari hasil sambungan. Pada peneilitan ini dilakukan pengelasan gesek continuous drive friction welding (CDFW) terhadap material beda jenis antara aluminium 6061 T6 dengan stainless steel AISI 304. Pengelasan dilakukan dengan mesin friction welding putaran 1000 RPM, tekanan gesek 35 MPa, waktu gesek 5 detik, dengan variasi tekanan upset 50, 60, 70, 80, 90, 100, 110, 120,130 dan 140 MPa dan waktu tempa selama 5 detik. Untuk mengetahui kualitas sambungan dilakukan pengujian kekuatan tarik, struktur mikro dan kekerasan mikro vickers. Hasil pengujian di uji struktur mikro pada daerah HAZ, sambungan lasan dan logam induk dengan mikroskop, pengujian kekerasan dengan mickro vikers. Pada jarak 0.5, 1.0, 10 mm dari sambungan dan pengujian tarik dengan standar JIS 2201. Hasil pengujian didapatkan bahwa Struktur mikro pada daerah HAZ sambungan alumunium 6061 T6 mengalami perubahan berupa butiran kristal yang tidak beraturan. Pada daerah HAZ dan logam induk AISI 304 struktur mikro tidak mengalami perubahan. Kekerasan AISI 304 memiliki harga VHN lebih tinggi diatas alumunium 6061 T6. Variasi tekanan upset mempengaruhi hasil kekuatan tariknya. Kekuatan tarik tertinggi terlihat pada variasi tekanan upset 130 MPa dengan hasil kekuatan tarik 248 MPa. Sedangkan kekuatan tarik terrendah terlihat pada variasi tekanan upset 50 MPa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17642
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV