View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN GURU DALAM PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KASUS PINGSAN (SINKOP) DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (159.0Kb)
      BAB I (175.9Kb)
      BAB II (2.163Mb)
      BAB III (1.539Mb)
      BAB V (250.8Kb)
      BAB IV (1.848Mb)
      COVER (105.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (816.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (770.8Kb)
      LAMPIRAN (996.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (340.3Kb)
      Date
      2015
      Author
      KURNIATI, QORI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pingsan adalah hilangnya kesadaran seseorang yang disebabkan penurunan aliran darah ke otak. Pingsan apabila tidak ditangani dengan baik dapat berisiko kematian. Pengetahuan yang baik diperlukan untuk penanganan pingsan yang tepat. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan guru dalam pemberian pertolongan pertama pada pingsan. Desain penelitian ini adalah quasi experiment pre-post test with noncontrol group. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu total sampling, pada 12 guru tetap di SD Muhammadiyah Tamantirto. Analisis data menggunakan Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan =5%. Berdasarkan hasil analisis univariat menunjukkan sebagian besar guru berpendidikan S1, memiliki pengetahuan seimbang antara cukup dan kurang (50%) saat pretest, memiliki pengetahuan cukup (58,3%) saat posttest. Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p=0,013 (p<0,05), yang bermakna ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan guru dalam pertolongan pertama pada kasus pingsan. Saran penelitian: penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih besar dan menggunakan kelompok kontrol.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17813
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV