Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF A
dc.contributor.authorAMRIL, AMRIL
dc.date.accessioned2018-03-15T08:03:32Z
dc.date.available2018-03-15T08:03:32Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18012
dc.descriptionAMRIL. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakulas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2011. Latar belakang penelitian pendidikan karakter kini menjadi isu utama pendidikan di negeri ini, selain menjadi bagian dari proses pembentukan karakter anak bangsa, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam membentuk generasi berkualitas. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter sangat dibutuhkan karena degradasi moral terus-menerus yang terjadi pada bangsa dan nyaris membawa bangsa ini dalam kekacauan yang besar, terutama dalam dunia pendidikan. Penanaman nilai pendidikan karakter berperan besar dalam pembentukan kepribadian atau karakter seseorang. Penanaman nilai pendidikan tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui media elektronik seperti televisi, radio, internet, tetapi juga dapat melalui media cetak seperti koran, majalah, karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode study kepusakaan (Library Research). pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis is (content analysis). Pemeriksaan keabsahan data ini dengan menambah referensi dari buku yang bersangkutan dengan pendidikan karakter, Blog, twitter penulis, dan literatur lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan adanya beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung terbitan Kompas Media pada tahun 2013. Antara lain nilai kejujuran, tanggung jawab, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan dan peduli sosial. Sedangkan relevansinya nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil ada kesesuaian antara nilai-nilai pendidikan karaker dalam buku sebagai bacaan yang dapat menjadi alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil dan cocok digunakan sebagai bahan referensi tambahan bagi calon pendidik lainnya agar mau mengajar dimana pun ia berada.en_US
dc.description.abstractAMRIL. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakulas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2011. Latar belakang penelitian pendidikan karakter kini menjadi isu utama pendidikan di negeri ini, selain menjadi bagian dari proses pembentukan karakter anak bangsa, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam membentuk generasi berkualitas. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter sangat dibutuhkan karena degradasi moral terus-menerus yang terjadi pada bangsa dan nyaris membawa bangsa ini dalam kekacauan yang besar, terutama dalam dunia pendidikan. Penanaman nilai pendidikan karakter berperan besar dalam pembentukan kepribadian atau karakter seseorang. Penanaman nilai pendidikan tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui media elektronik seperti televisi, radio, internet, tetapi juga dapat melalui media cetak seperti koran, majalah, karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode study kepusakaan (Library Research). pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis is (content analysis). Pemeriksaan keabsahan data ini dengan menambah referensi dari buku yang bersangkutan dengan pendidikan karakter, Blog, twitter penulis, dan literatur lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan adanya beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung terbitan Kompas Media pada tahun 2013. Antara lain nilai kejujuran, tanggung jawab, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan dan peduli sosial. Sedangkan relevansinya nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil ada kesesuaian antara nilai-nilai pendidikan karaker dalam buku sebagai bacaan yang dapat menjadi alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil dan cocok digunakan sebagai bahan referensi tambahan bagi calon pendidik lainnya agar mau mengajar dimana pun ia berada.en_US
dc.subjectPendidikan karakter. Butet manurung. Sokola Rimbaen_US
dc.titleNILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG SEBAGAI ALTERNATIF MOTIVASI MENGAJAR DIDAERAH TERPENCILen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record