View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN METODE CARA BELAJAR IBU AKTIF (CBIA) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU-IBU DALAM MELAKUKAN PENGOBATAN SENDIRI (SWAMEDIKASI)

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (376.5Kb)
      BAB I (1.237Mb)
      BAB II (1.763Mb)
      BAB III (905.5Kb)
      BAB IV (1.956Mb)
      BAB V (221.1Kb)
      COVER (99.80Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (574.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.287Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (128.6Kb)
      Date
      2015-04-22
      Author
      HUMAIRA, ULFIANI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perilaku pengobatan sendiri banyak dilakukan oleh masyarakat sehingga dapat menyebabkan medication error. Kemasan obat mempunyai kontribusi terhadap perilaku pengobatan sendiri. Jika tidak diimbangi dengan informasi obat yang benar, maka akan membawa masyarakat ke arah penggunaan obat yang tidak rasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Cara Belajar Ibu Aktif (CBIA) dan pengaruh usia serta tingkat pendidikan terhadap peningkatan pengetahuan mengenai pengobatan sendiri. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan pre test dan post test. Lokasi penelitian di RW 46 Banteng Baru, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, yang diisi sendiri oleh responden. Analisis data secara deskriptif dilakukan dengan uji paired sample t test dan One Way ANOVA. Hasil dari analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan edukasi dengan metode CBIA terhadap peningkatan pengetahuan responden mengenai pengobatan sendiri dengan nilai signifikan p adalah 0,000 (p <0,05). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian edukasi dengan metode Cara Belajar Ibu Aktif (CBIA) terhadap pengetahuan ibuibu PKK RW 46 Banteng Baru Yogyakarta mengenai pengobatan sendiri.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18019
      Collections
      • Department of Pharmacy

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV