View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI MULUT ANAK TUNANETRA USIA 7-11 TAHUN ANTARA PENYULUHAN METODE LEAFLET BRAILLE DAN METODE AUDIO (Kajian di SLB-A YAKETUNIS Yogyakarta)

      Thumbnail
      View/Open
      LEMBAR PENGESAHAN (129.8Kb)
      ABSTRAK (11.91Kb)
      BAB I (196.4Kb)
      BAB II (220.2Kb)
      BAB III (40.29Kb)
      BAB IV (100.6Kb)
      COVER (44.25Kb)
      BAB V (7.763Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (17.17Kb)
      HALAMAN JUDUL (235.6Kb)
      LAMPIRAN (763.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (205.2Kb)
      Date
      2015-04-16
      Author
      DEWI, RAHMAWATI KARTIKA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pendidikan kesehatan merupakan alat yang digunakan untuk memberi penerangan yang baik kepada masyarakat untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan kesehatan gigi mulut. Upaya meningkatkan dan menjaga kebersihan mulut salah satunya dapat diperoleh dari media elektronik (televisi) yang dapat dilihat, media cetak yang dapat dibaca. Masalah yang kemudian timbul dari edukasi kesehatan rongga mulut dengan metode ini bagi penyandang tunanetra adalah edukasi secara audio tanpa adanya visualisasi yang sesuai dinilai kurang efektif. Anak tunanetra memanfaatkan indra peraba (menggunakan huruf Braille) dan pendengarnya (audio) dengan sangat maksimal sebagai pengganti indra penglihatannya dalam proses pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan tingkat pengetahuan kesehatan gigi mulut pada anak tunanetra setelah diberikan penyuluhan menggunakan metode leaflet Braille dan metode audio. Penelitian ini menggunakan desain analitik intervensional dengan subyek penelitian 10 anak tunanetra usia 7-11 tahun di SLB-A YAKETUNIS menggunakan metode audio dan metode leaflet Braille. Setiap subyek penelitian diberi 2 metode penyuluhan, yaitu penyuluhan metode audio, selanjutnya penyuluha metode leaflet Braille. Sebelum dilakukan penyuluhan siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest, kemudian diberikan penyuluhan. Segera setelah diberikan penyuluhan siswa diberikan postest. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Test dan Mann Whitney Test. Uji statistik dengan Wilcoxon Test menunjukkan hasil adanya perbedaan yang bermakna dengan nilai p=0,001 antara sebelum penyuluhan dan sesudah penyuluhan dengan metode audio dan terdapat perbedaan yang bermakna p=0,003 antara sebelum penyuluhan dan sesudah penyuluhan dengan metode leaflet Braille. Uji Mann Whitney Test digunakan untuk membandingkan tingkat pengetahuan kedua metode, pada penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan dengan nilai p=0,018 antara kelompok penyuluhan dengan metode audio dan metode leaflet Braille. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan kesehatan gigi mulut pada anak tunanetra antara penyuluhan menggunakan metode leaflet Braille maupun metode audio.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18025
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV