View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS MODUL PSIKOEDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KADER KESEHATAN TENTANG SKIZOFRENIA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (383.9Kb)
      BAB I (1.616Mb)
      BAB II (2.302Mb)
      BAB III (1.012Mb)
      BAB IV (2.205Mb)
      BAB V (190.6Kb)
      COVER (119.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (946.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (1014.Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (126.5Kb)
      Date
      2015-02-18
      Author
      PRAYITNO, DWI FAJARWATI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kader kesehatan masyarakat adalah laki-laki atau wanita yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk mengenai masalah - masalah kesehatan perseorangan maupun masyarakat serta untuk bekerja dalam hubungan yang amat dekat tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan. Kader kesehatan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyampaikan informasi saat penyuluhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas modul psikoedukasi terhadap tingkat pengetahuan kader kesehatan tentang skizofrenia di Desa Mojohuro Sriharjo Kabupaten Bantul dengan menggunakan Quasy Experiment dengan rancangan pretest-posttest with one group design dengan jumlah responden 21 orang.Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test dengan p <0,05. Hasil penelitian didapatkan 76,2 % memiliki tingkat pengetahuan tentang skizofrenia yang kurang sebelum diberikan intervensi modul psikoedukasi tentang skizofrenia, 23,8 % adalah cukup dan 0 % adalah baik. Sedangkan setelah diberikan intervensi modul psikoedukasi didapatkan hasil 61,9 % memiliki tingkat pengetahuan tentang skizofrenia yang baik, 9,5% memiliki tingkat pengetahuan cukup dan 28,6 % memiliki tingkat pengetahuan tentang skizofrenia yang kurang. Setelah dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon signed ranks test didapatkan p = 0,001 yang berarti modul psikoedukasi efektif terhadap tingkat pengetahuan kader kesehatan tentang skizofrenia di Desa Mojohuro Sriharjo Kabupaten Bantul
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18032
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV