dc.contributor.author | SAWALI, ROHMAT | |
dc.date.accessioned | 2018-03-21T04:17:37Z | |
dc.date.available | 2018-03-21T04:17:37Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18107 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran
akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (2) Bagaimana perencanaan evaluasi
ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (3)
Bagaimana penerapan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP
Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (4) Permasalahan-permasalahan dalam penerapan evaluasi
ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data
diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif
analitik dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran akidah
akhlak sudah dilakukan dengan baik. (2) Perencanaan evaluasi afektif mata pelajaran akidah
akhlak sudah dilakukan, meskipun pada tahap perencanaan ini belumlah lengkap
sebagaimana tuntutan dari kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. (3) Pada tahap penerapan
evaluasi tersebut, guru masih kurang baik. pelaksanaan tidak sepenuhnya sesuai dengan
perencanaan. Selain itu pelaksanaan juga banyak dilaksanakan tanpa adanya perencanaan,
sehingga terkesan tidak standar dan kurang relialel tentunya dalam pengukuran afektif siswa.
(4) Banyak ditemukan permasalahan terkait seluruh rangkaian evaluasi afektif mata pelajaran
akidah akhlak. Permasalahan-permasalan tersebut dimulai dari pemahaman guru tentang
evaluasi afektif yang masih kurang, proses perencanaan yang sulit dilakukan karena
keterbatasan waktu dan tenaga guru, dan pada teknis penerapan evaluasi dalam proses
pembelajaran. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran
akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (2) Bagaimana perencanaan evaluasi
ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (3)
Bagaimana penerapan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP
Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (4) Permasalahan-permasalahan dalam penerapan evaluasi
ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data
diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif
analitik dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran akidah
akhlak sudah dilakukan dengan baik. (2) Perencanaan evaluasi afektif mata pelajaran akidah
akhlak sudah dilakukan, meskipun pada tahap perencanaan ini belumlah lengkap
sebagaimana tuntutan dari kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. (3) Pada tahap penerapan
evaluasi tersebut, guru masih kurang baik. pelaksanaan tidak sepenuhnya sesuai dengan
perencanaan. Selain itu pelaksanaan juga banyak dilaksanakan tanpa adanya perencanaan,
sehingga terkesan tidak standar dan kurang relialel tentunya dalam pengukuran afektif siswa.
(4) Banyak ditemukan permasalahan terkait seluruh rangkaian evaluasi afektif mata pelajaran
akidah akhlak. Permasalahan-permasalan tersebut dimulai dari pemahaman guru tentang
evaluasi afektif yang masih kurang, proses perencanaan yang sulit dilakukan karena
keterbatasan waktu dan tenaga guru, dan pada teknis penerapan evaluasi dalam proses
pembelajaran. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | penerapan, evaluasi afektif, perencanaan, mata pelajaran akidah akhlak. | en_US |
dc.title | PENERAPAN EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |