dc.contributor.advisor | IMAN, MARSUDI | |
dc.contributor.author | ASFIAK, AHMAD | |
dc.date.accessioned | 2018-03-21T06:12:38Z | |
dc.date.available | 2018-03-21T06:12:38Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18114 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh antara kepribadian guru terhadap minat
belajara siswa dalam mengikuti pelajaran PAI kelas V di SD Muhammadiya Sudagaran
Wonosobo.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel kepribadian guru (variabel bebas)
dan variabel minat belajar siswa (variabel terikat). Penelitian ini adalah penelitian lapangan
dengan menggunakan metode kuantitatif. Dengan sempel (Random Sempling). Data
dikumpulkan dengan menggunakan angket kuisioner model skala Likert. Dalam penelitian ini
data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus regresilinier dan bantuan SPSS,
Pengolahan data dalam penelitian ini mengguanakan bantuan program SPSS versi 15.0 for
windows.
Hasil penelitian ini, bahwa kepribadian guru yang dimiliki guru PAI SD Muhammadiyah
sudagaran Wonosobo dikategorikan sangat baik, dan minat belajar siswa dalam mengikuti
matapelajaran PAI kelas V di Sd Muhammadiayah Sudagaran Wonososbo dikategorikan tinggi,
kemudian kepribadian guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat belajar
siswa dalam mengikuti pelajaran PAI kelas V di Sd Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo, hal
tersebut di dibuktikan dari hasil uji Regresilinieryaitu kepribadian guru dan minat belajar siswa
diperoleh r hitung sebesar 0,545 nilai tersebut artinya berpengaruh posoitif dan signifikan pada
taraf 5% dan 1%. Jadi ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepribadian guru dan
minat belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI di Sd Muhammadiyah Sudagaran
Wonosobo. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh antara kepribadian guru terhadap minat
belajara siswa dalam mengikuti pelajaran PAI kelas V di SD Muhammadiya Sudagaran
Wonosobo.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel kepribadian guru (variabel bebas)
dan variabel minat belajar siswa (variabel terikat). Penelitian ini adalah penelitian lapangan
dengan menggunakan metode kuantitatif. Dengan sempel (Random Sempling). Data
dikumpulkan dengan menggunakan angket kuisioner model skala Likert. Dalam penelitian ini
data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus regresilinier dan bantuan SPSS,
Pengolahan data dalam penelitian ini mengguanakan bantuan program SPSS versi 15.0 for
windows.
Hasil penelitian ini, bahwa kepribadian guru yang dimiliki guru PAI SD Muhammadiyah
sudagaran Wonosobo dikategorikan sangat baik, dan minat belajar siswa dalam mengikuti
matapelajaran PAI kelas V di Sd Muhammadiayah Sudagaran Wonososbo dikategorikan tinggi,
kemudian kepribadian guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat belajar
siswa dalam mengikuti pelajaran PAI kelas V di Sd Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo, hal
tersebut di dibuktikan dari hasil uji Regresilinieryaitu kepribadian guru dan minat belajar siswa
diperoleh r hitung sebesar 0,545 nilai tersebut artinya berpengaruh posoitif dan signifikan pada
taraf 5% dan 1%. Jadi ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepribadian guru dan
minat belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI di Sd Muhammadiyah Sudagaran
Wonosobo. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pengaruh,kepribadian guru, minat belajar siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PAI KLS V DI SD MUHAMMADIYAHSUDAGARAN WONOSOBO | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |