EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER BERBASIS AGAMA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program pembinaan karakter
siswa berbasis agama di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo, mengetahui
pelaksanaan program pembinaan karakter siswa berbasis agama di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Gorontalo, dan mengetahui kendala dari pelaksanaan program pembinaan
karakter siswa berbasis agama di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis
kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dengan membandingkan
data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara
dengan isi suatu dokumentasi yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan program pembinaan karakter berbasis
agama di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo telah direncanakan dan dirancanng
dengan menanamkan nilai-nilai karakter, seperti (a) kejujuran (b) kedisiplinan (c) religius (d)
kerjasama (e) tanggung jawab (f) dan percaya diri. 2) Pelaksanaan program-program pembinaan
karakter berbasis agama di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo dilakukan dengan
cara (a) cerita tentang keteladanan di kelas (b) kerja kelompok di kelas (c) bakti sosial (d)
kunjungan ke panti asuhan (e) infak setiap hari jumat (f) kantin kejujuran (g) lomba-lomba atau
kompetisi yang dilakukan setiap tahun oleh diknas, seperti lomba bercerita, membaca puisi, dan
ESQ untuk siswa akhir. 3) Kendala pelaksanaan program pembinaan karakter berbasis agama di
Madrasah Ibtidaiyah Gorontalo adalah (a) faktor kendaraan (b) kondisi siswa yang baru
mengenal tentang pengetahuan tentang agama (c) beberapa orang tua peserta didik yang kurang
akan pengetahuan agama (d) lingkungan tempat tinggal sebagian peserta didik kurang
mendukung.