ANALISIS DAMPAK SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABLE MODERATING TERHADAP LOYALITAS ( Studi Kasus BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service performance
secara langsung terhadap loyalitas anggota, serta untuk mengetahui pengaruh
kepuasan anggota secara langsung terhadap loyalitas anggota, dan untuk
mengetahui pengaruh service performance dan kepuasan anggota sebagai
variabel moderating secara simultan terhadap loyalitas anggota di BMT Bina
Ihsanul Fikri Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research
study) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diperoleh
adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yaitu
dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 100 responden. Pengujian
instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Selanjutnya, analisis data yang yang digunakan adalah uji regresi linear
berganda sebelum dimoderasi dan uji regresi linear berganda dengan moderasi
yang terdiri dari uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R²).
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa service performance tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota. Namun service
performance berubah menjadi berpengaruh secara signifikan ketika dimoderasi
dengan kepuasan anggota di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Hal ini
menunjukan bahwa service performance tidak dapat berdiri sendiri dan harus
didampingi oleh variabel moderasi yaitu kepuasan anggota. Kepuasan anggota
merupakan variabel moderasi antara service performance terhadap loyalitas
anggota dan terdapat pengaruh yang simultan antara service performance dan
kepuasan sebagai moderating variabel terhadap loyalitas anggota, serta variabel
kepuasan nasabah adalah variabel quasi moderator atau dapat digunakan
sebagai variabel independen sekaligus variabel moderator.