ANALISIS METODE YANK DIGUNAKAN GURU KELAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 BASUHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan guru dalam memotivasi belajar siswa di SD N I Basuhan, untuk mengetahui keefektifan metode yang digunakan guru dalam memotivasi belajar siswa di SD N I Basuhan.
Metode-metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran antara lain metode diskusi, Tanya jawab, ceramah, demontrasi, resitasi, mengajar beregu/kelompok, perancangan, latihan keterampilan, ceramah plus discovery, inquiry, karya wisata dan percobaan. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil dari penelitian, metode yang lebih efektif atau mendekati pemahaman siswa dalam pembelajaran adalam metode percobaan, karya wisata dan diskusi. Sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran secara bermakna, luas dan mendalam serta dapat menerapkannya pada berbagai konteks kehidupannya. Dengan demikian, upaya peningkatan mutu pendidikan yang berkeadilan dapat tercapai.