Show simple item record

dc.contributor.authorWIARDI, ZAINDYA NUR
dc.date.accessioned2018-03-26T08:07:02Z
dc.date.available2018-03-26T08:07:02Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18256
dc.descriptionZANINDYA NUR WIARDI. Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Islami (Studi Kasus Keluarga Salafi di Dusun Langkap Lorog Tawangsari Sukoharjo). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dusun Langkap Lorog Tawangsari Sukoharjo mulai tanggal 21 maret 2015 sampai dengan 4 April 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk pendidikan karakter Islami yang ditanamkan kepada anak-anaknya dan pola asuh yang diterapkan orang tua salafi serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah tiga keluarga salafi di Dusun Langkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendidikan karakter Islami yang ditanamkan pada anak maka orang tua menjadi contoh keteladanan bagi anaknya dan menanamkan karakter religi kepada anak-anaknya sedini mungkin. Sedangkan pola asuh orang tua yang diterapkan di Keluarga Salafi Dusun Langkap Lorog Tawangsari tersebut dalam penanaman pendidikan karakter Islami pada anak berbeda-beda, ada orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter, ada yang menggunakan pola asuh demokratis dalam memberikan pendidikan karakter Islami kepada anak-anaknya. faktor – faktor yang mendorong pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter Islami pada anak yaitu pendidikan orang tua yang tinggi, kehidupan ekonomi yang tinggi dan komunikasi yang baik dalam keluarga. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter Islami pada anak meliputi pendidikan orang tua yang rendah, kehidupan ekonomi yang rendah, serta lingkungan masyarakat sekitar yang kurang dalam pemahaman agama.en_US
dc.description.abstractZANINDYA NUR WIARDI. Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Islami (Studi Kasus Keluarga Salafi di Dusun Langkap Lorog Tawangsari Sukoharjo). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dusun Langkap Lorog Tawangsari Sukoharjo mulai tanggal 21 maret 2015 sampai dengan 4 April 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk pendidikan karakter Islami yang ditanamkan kepada anak-anaknya dan pola asuh yang diterapkan orang tua salafi serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah tiga keluarga salafi di Dusun Langkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendidikan karakter Islami yang ditanamkan pada anak maka orang tua menjadi contoh keteladanan bagi anaknya dan menanamkan karakter religi kepada anak-anaknya sedini mungkin. Sedangkan pola asuh orang tua yang diterapkan di Keluarga Salafi Dusun Langkap Lorog Tawangsari tersebut dalam penanaman pendidikan karakter Islami pada anak berbeda-beda, ada orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter, ada yang menggunakan pola asuh demokratis dalam memberikan pendidikan karakter Islami kepada anak-anaknya. faktor – faktor yang mendorong pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter Islami pada anak yaitu pendidikan orang tua yang tinggi, kehidupan ekonomi yang tinggi dan komunikasi yang baik dalam keluarga. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter Islami pada anak meliputi pendidikan orang tua yang rendah, kehidupan ekonomi yang rendah, serta lingkungan masyarakat sekitar yang kurang dalam pemahaman agama.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPola Asuh, dan Pendidikan Karakter Islamien_US
dc.titlePOLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI (STUDI KASUS KELUARGA SALAFI DI DUSUN LANGKAP LOROG TAWANGSARI SUKOHARJO)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record