View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERBANDINGAN KETRAMPILAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KASIHAN BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      Laporan Penelitian Full Text (2.165Mb)
      Date
      2011
      Author
      KHILMIYAH, AKIF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Keberhasilan seseorang dalam kehidupan ini ditentukan oleh tiga kemampuan yakni akademik, vokasional, generik (kemampuan personal). Ternyata kemampuan generiklah yang paling berperan dalam menentukan 70% keberhasilan dalam kehidupan, maka pemberian bekal kepada siswa berupa kemampuan personal pembentuk karakter sangat diperlukan. Karena itu tujuan penelitian ini adalah:(1). Mengkaji ketrampilan intrapersonal dan interpersonal siswa. (2).Mengkaji persamaan dan perbedaan tingkat ketrampilan intrapersonal dan interpersonal siswa dilihat dari perbedaan jenis kelamin, pekerjaan orang tua, tingkatan kelas, urutan anak dalam keluarga di SD Negeri Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bercorak komparatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV,V,VI SD Negeri Kasihan Bantul, sebanyak 79 siswa. Dan sebagai informan tambahan adalah guru, kepala sekolah dan karyawan. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunaka adalah: angket, observasi non partisipan, wawancara terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif untuk mengkaji kemampuan ketrampilan intrapersonal dan interpersonal siswa sekolah dasar. Analisis perbedaan antara perbedaan jenis kelamin digunakan uji t (t-tes) dan untuk menganalisis perbedaan berdasarkan pekerjaan orang tua, tingkatan kelas dan urutan anak dalam keluarga dilakukan teknik ANOVA satu arah. Penelitian ini menyimpukan, Ada 9 dimensi intrapersonal yakni sadar diri, percaya diri, menangani kelemahan diri, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, membuka diri, tegas, berani mengambil keputusan sendiri, menangani stres, dan berani menyampaikan perasaannya. Kemampuan yang paling rendah pada dimensi percaya diri, sedangkan kemampuan yang paling menonjol adalah dimensi keberanian menyampaikan perasaan pada orang lain. Sementara 9 dimensi intrapersonal meliputi mudah bergaul, suka menolong, memahami orang lain, tenggang rasa, peduli lingkungan, harmonis, demokratis, perhatian terhadap orang lain, dan trampil menyelesaikan konflik. Dimensi kemampuan yang paling rendah adalah kemampuan memahami orang lain. Kemampuan yang paling menonjol adalah kemampuan berlaku demokratis dan kemampuan menyelesaikan konflik serta kemampuan perhatian pada orang lain. Terdapat perbedaan ketrampilan intrapersonal berdasar jenis kelamin dan pekerjaan orang tua pada semua dimensi. Tingkatan kelas hanya berbeda di 3 dimensi Intrapersonal yakni percaya diri, tanggung jawab, keberanian menyampaikan perasaan. Urutan anak dalam keluarga hanya satu dimensi yang tidak berbeda yakni dimensi keterbukaan. Terdapat perbedaan Ketrampilan interpersonal berdasar jenis kelamin dan pekerjaan orang tua pada semua dimensi. Perbedaan berdasar tingkatan kelas hanya pada dimensi memahami orang lain dan tenggang rasa. Tidak terdapat perbedaan antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu dalam ketrampilan berinteraksi dengan orang lain.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/1846
      Collections
      • JURNAL

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV