View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP TAUHID ILMU PENGETAHUAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENGHAPUSKAN DIKOTOMI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (126.8Kb)
      BAB I (268.6Kb)
      BAB II (315.3Kb)
      BAB III (89.35Kb)
      BAB IV (815.7Kb)
      BAB V (132.8Kb)
      COVER (135.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (224.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (127.8Kb)
      LAMPIRAN (848.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (165.7Kb)
      Date
      2015
      Author
      RAGIL, MUHAMMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep tauhid ilmu pengetahuan Syed Muhammad Naquib al-Attas dan implementasinya untuk menghapuskan dikotomi dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbasis kepustakaan (library research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis dan kritik sejarah (metode historis). Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: (1) Tauhid ilmu pengetahuan menurut al-Attas artinya penyatuan berbagai metode dan aspek dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan, seperti religius dengan ilmiah, empiris dengan rasional, deduktif dengan induktif dan subjektif dengan objektif, tanpa adanya pemisahan dan penyekatan antara metode-metode dan aspek-aspek tersebut, atau menjadikan salah satu metode dan aspek lebih dominan dari pada yang lain, (2) Implementasi dari tauhid ilmu pengetahuan dapat dilihat dari dua segi, yaitu Operasionalisasi manhaj Qur`āniy yang meliputi proses pemunculan figur/tokoh/pengajar/guru dan Pemberian materi pelajaran secara bertahap dengan tehnik dari makro (kulliy/grand) ke mikro (juz`iy/middle dan low), dan Aksiologi konsep tauhid ilmu pengetahuan itu sendiri, yang dilakukan dengan cara mencari hubungan di antara ilmu pengetahuan yang berkembang, menetapkan sumber asal dan pemanfaatan semaksimal mungkin bagi kemanusiaan. Kesimpulan yang dihasilkan merupakan jawaban dari pokok permasalahan yang dipaparkan dalam penelitian ini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18522
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV