dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | MULYANTONO, DEA RIZALDI | |
dc.date.accessioned | 2018-04-21T01:41:37Z | |
dc.date.available | 2018-04-21T01:41:37Z | |
dc.date.issued | 2018-03-19 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18582 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris
yaitu: a) intrinsik pendidikan berpengaruh positif terhadap pemahaman
mahasiswa tentang riba, b) ekstrinsik pendidikan berpengaruh positif terhadap
pemahaman mahasiswa tentang riba, c) pembelajaran pendidikan berpengaruh
positif terhadap pemahaman mahasiswa tentang riba, d) religiusitas keluarga
berpengaruh positif terhadap pemahaman mahasiswa tentang riba, e) religiusitas
teman berpengaruh positif terhadap pemahaman mahasiswa tentang riba, f)
religiusitas organisasi berpengaruh positif terhadap pemahaman mahasiswa
tentang riba. Teknik dalam pengambilan sampel ini menggunakan teknik
convenience sampling sebanyak 109 kuesioner yang disebar dan 100 kuesioner
yang dapat diolah. Data yang di dapat kemudian diolah dengan menggunakan
analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dan didapatkan hasil bahwa
intrinsik pendidikan, ekstrinsik pendidikan, pembelajaran pendidikan
berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman mahasiswa tentang riba,
sedangkan variabel religiusitas keluarga, religiusitas teman, organisasi juga
berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman mahasiswa tentang riba. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to test and prove empirically that is: a) the positive effect of
intrinsic education towards understanding students about riba, b) the positive effect
of extrinsic education towards understanding students about riba, c) the positive
effect of organization religiosity towards understanding students about riba, d) the
positive effect of family religiosity towards understanding students about riba, e)
the positive effect of friends religiosity towards understanding students about riba,
f) the positive effect of organization religiosity towards understanding students
about riba. These sampling techniques in using the technique of convenience
sampling as much as 109 questionnaires presented and 100 questionnaires that can
be processed. Data that can then be processed by using multiple linear regression
analysis.
Based on the analysis that has been done and the results obtained that the
intrinsic education, extrinsic education, learning education positive effect
significantly to student understanding of usury, while variable religiosity family,
religiosity friends, religiosity organization is also a positive effect significantly to
students understanding of usury. | en_US |
dc.publisher | FE UMY | en_US |
dc.subject | Intrinsik Pendidikan, Ekstrinsik Pendidikan, Pembelajaran Pendidikan, Religiusitas Keluarga, Religiusitas Teman, Organisasi, Pemahaman Mahasiswa Tentang Riba. Intrinsic Education, Extrinsic Education, Learning Education, Family Religiosity, Friends Religiosity, Organization religiosity, Student Understanding of Usury. | en_US |
dc.title | ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG RIBA | en_US |
dc.title.alternative | (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FEB
071 | en_US |