View Item 
      •   UMY Repository
      • 07. RESEARCH CENTER
      • Learning Center's Research
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 07. RESEARCH CENTER
      • Learning Center's Research
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGEMBANGAN EXTENDED-CAL UNTUK MENUMBUHKAN SELF DIRECTED LEARNING PADA PROBLEM BASED LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UMY

      Thumbnail
      View/Open
      Laporan Kemajuan Penelitian (1.439Mb)
      Date
      2016-09-14
      Author
      PURBOHADI, DWIJOKO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Extended Computer Aided Learning (Extended-CAL) dan menguji efektifitasnya untuk membentuk budaya belajar mandiri berkelanjutan (SDL) pada pembelajaran yang menerapkan Problem Based Learning (PBL). Salah satu bagian terpenting pembelajaran dengan PBL di Program Studi Pendidikan Dokter UMY adalah membangun model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Model ini akan berjalan dengan baik jika terbentuk budaya belajar mahasiswa yang mandiri dan terarah untuk menuju ketuntasan. Fasilitas E-learning telah dibangun dengan tujuan agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri dari manapun dan kapanpun, terutama untuk memahami teori-teori penunjang. Dari hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa cara ini tidak efektif untuk membentuk SDL karena isi dan fasilitas belum memenuhi dan menarik mahasiswa untuk menggunakannya. Dalam penelitian ini dicoba menggunakan Extended Computer Aided Learning (Extended-CAL) yang diterapkan menggunakan konsep Gama Feedback Learning Model (GFLM) untuk mengkondisikan mahasiswa agar bersedia belajar secara mandiri dan berkesinambungan. Selain itu, Extended-CAL dilengkapi dengan Learning Management System (LMS) yang dilengkapi fasilitas bagi dosen untuk melihat aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Model ini diharapkan dapat berjalan secara efektif sehingga mahasiswa termotivasi untuk belajar mandiri dan berkelanjutan di bawah pengawasan dan bimbingan dosen. Efektivitas penggunaan model dalam penelitian ini diukur dengan mengetahui effect size dan tingkat kepuasan mahasiswa. Jika terbukti memiliki effect size tinggi (di atas 1.0) dengan tingkat kepuasan tinggi maka model ini sangat berpotensi untuk diterapan secara lebih luas.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/1881
      Collections
      • Learning Center's Research

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV