PENERAPAN PENDEKATAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING
Abstract
Pembelajaran bahasa kedua terkadang dianggap sulit oleh pembelajar. Kesulitan pemahaman mempelajari bahasa kedua disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut seperti metode pembelajaran, struktur bahasa kedua, lingkungan, dan motivasi pembelajar.
Dalam penelitian ini, peneliti akan mengkaji penerapan metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran bahasa kedua agar pembelajar mendapatkan hasil yang optimal dari proses belajarnya. Pembelajaran bahasa kedua yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Hasil penelitian yang membahas pembelajaran bahasa kedua dengan subjek penelitian pelajar Indonesia yang mempelajari bahasa asing sudah banya, tetapi penelitian yang membahas proses warga negara asing yang mempelajari bahasa Indonesia cenderung masih sedikit. Hal itulah alasan peneliti ingin mengkaji penerapan metode pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing.
Kata kunci: Pendekatan proses, pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan
berbicara, penutur asing