IDENTIFIKASI MASALAH DALAM PENDEKATAN KUANTITATIF (SEBUAH PANDUAN TEORITIS DAN PRAKTIS DALAM PENELITIAN KOMUNIKASI)
Abstract
Paradigma penelitian kuantitatif dikenalsebagai sebuah paradigma yang rigid. Analisis data yang melibatkan penggunaan angka membuat paradigma ini bisa dikatakan terlalu kaku untuk fenomena sosial. Buku ini sangat berguna untuk para mahasiswa sebagai peneliti pemula yang ingin memahami dan menulis penelitian dalam pendekatan kuantitatif. Perbedaan dengan pendekatan kualitatif yang fleksibel, membuat calon-calon peneliti harus berpikir dengan rigid yang dimulai dengan memilih topik, menuliskan dalam latar belakang masalah, dan seterusnya. Selain itu, pengetahuan tentang variabel, juga sudah harus dikuasai oleh calon peneliti dalam rangka melakukan pembatasan penelitian.
Bab lain yang dipaparkan dalam buku ini antara lain panduan praktis untuk menulis uraian sketsa topik penelitian secara benar dan sistematis, baik dalam jenis penelitian deskriptif, eksplanatif, maupun analisis isi kuantitatif. Hal ini dapat dilakukan dengan menyajikan sumber data secara akurat termasuk dari penelitian-penelitian terdahulu yang menjadi pertimbangan pula untuk menuju penulisan masalah yang baik. Sumber-sumber data tersebut bisa diperoleh melalui kegiatan observasi, hasil wawancara, maupun dokumentasi.